Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BEM Unmus gelar mimbar bebas di halaman kampus

Mimbar bebas yang digelar BEM Unmus Merauke di halaman kampus – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Negeri Musamus (Unmus) Merauke menggelar mimbar bebas di halaman kampus. Dalam mimbar bebas tersebut, sejumlah poin penting disampaikan, sekaligus mendesak pemerintah segera menindaklanjuti.

Dari rilis yang diterima Jubi, Kamis (10/10/2019), koordinator lapangan, Wenak Herluka, mengatakan mimbar bebas itu tidak lain membuka ruang di dalam kampus agar setiap mahasiswa dapat menyuarakan aspirasinya secara langsung.

“Kami melakukan aksi dengan menggelar mimbar bebas, setelah adanya maklumat Kapolda Papua untuk tidak dilaksanakan di luar,” ungkapnya.

Sejumlah poin yang disuarakan dalam mimbar bebas di antaranya: pertama, menolak militerisme di Papua. Kedua, mendesak kepada pemerintah memberikan perhatian secepatnya kepada masyarakat Nduga  yang masih  mengungsi.

Loading...
;

Selain itu, mahasiswa mendesak agar berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM), baik di Wamena, Paniai, Wasior, dan sejumlah daerah lain di Papua segera diusut tuntas.

“Kami meminta agar kasus hinaan rasis  oleh oknum tertentu terhadap mahasiswa Papua di sejumlah kota studi, diproses cepat sampai ke pengadilan,” pintanya.

Hal lain disampaikan yakni mengultimatum pemerintah pusat membuka ruang dialog dengan mengundang semua elemen masyarakat Papua, termasuk tokoh adat, MRP/DPRP/DPRD untuk membicarakan apa yang diinginkan dan diharapkan rakyat Papua.

BEM Unmus juga mendesak Presiden Jokowi mencopot Menkopolhukam, Wiranto, dari jabatannya, setelah ada insiden di sejumlah daerah, termasuk yang terakhir di Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Kasubag Humas Polres Merauke, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Suhardi, mengatakan aksi mimbar bebas yang dilakukan mahasiswa berjalan aman dan lancar.

“Memang ada sejumlah poin penting disuarakan dalam aksi mimbar bebas di dalam area kampus Unmus itu,” katanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top