Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Berburu skuad Mutiara Hitam 2020 menuju AFC 2021

Tim Persipura 2019 – tempo.co.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Impian meraih Champion Liga 1 musim 2019 pupus sudah.

Lantaran tim berjuluk Mutiara Hitam sejak awal bermaterikan pemain lokal plus asing dan pemain muda Todd Ferre dan kawan-kawan masuk zona degradasi dan the Big Man Jacksen F Tiago tampil membawa Mutiara Hitam lolos dari wilayah merah dan raih posisi ketiga.

Dua pemain asing Persipura jelas sudah didepak, Ibrahim Conte dan Mamadou Samassa dua gelandang dari Afrika.

Alasan pelepasan kedua pemain ini kata pihak menejemen Sekretaris Umum Persipura  Rocky Babena permainan keduanya kurang maksimal.

Sedangkan dua pemain asing lainnya asal Korsel dan Brasil, Oh In Kyun dan Andre Ribero masih dalam pertimbangan pihak manajemen untuk diperpanjang musim 2020. Begitu pula dengan pemain lokal ada free kontrak tetapi ada yang masih dalam kontrak dengan manajemen Persipura.

Sebenarnya pelatih Jacksen F Tiago sudah meracik tim Mutiara Hitam dengan materi pemain-pemain muda dan senior.

Loading...
;

Misalnya pasangan Ian Luis Kabes di lini tengah selalu bergantian dengan pemain muda terbaik musim 2019 ini Todd Rivaldo Ferre dan Patrick Womsiwor serta Rolando Meosido.

Sebagai pelatih berpengalaman lini tengah Persipura sebagai salah satu motor penyerang, gelandang bertahan M Tahir dan Oh In Kyun serta Imanuel Wanggai mungkin pantas bertahan. Walau M Tahir dan Oh In Kyun masih prioritas untuk musim mendatang.

Memang Persipura biasa juga memasang Ibrahim Coonte di lini tengah tetapi pemain ini telah dicoret, mungkinkah Persipura memanggil pulang gelandang Vendri Mofu untuk membantu lini tengah. Lini belakang pemain senior mungkin hanya Tinus Pae masih tampil prima sedangkan Ricardo Salampessy sudah harus dicari penggantinya.

Yohanes Tjoe pun sudah harus ditepikan dengan pemain pemain muda energik, meskipun Jacksen F Tiago mengaku masih butuh pemain senior untuk menjadi penyeimbang. Namun Jacksen tak memungkiri bahwa sepak bola modern selalu butuh permainan cepat dan umpan satu dua sentuhan.

 Valentino Telaubun sejak ditangani pelatih Jacksen menunjukan peningkatan, berani bermain menyerang sebagai wing bek kiri gantikan posisi yang ditinggalkan Ruben Sanadi. Pelapis Valentino masih ada David Rumaikewi rekan seangkatan Todd Ferre di Persipura U19. Pemain bek tengah asing asal Brasil Andre Ribero pantas bertahan, tinggal manajemen mencari pelapis Ricardo Salampessy.

Penjaga gawang Persipura Dede Sulaiman pantas dipertahankan jika melihat keberhasilannya selama musim 2019.Dede Sulaiman mampu melakukan penyelamatan gemilang 12 cleansheat dalam musim 2019. Seandainya Joo Jae Hoon kembali ke Persipura posisinya jelas sebagai asisten pelatih penjaga gawang plus pemain jika Dede Sulaiman berhalangan main.

Tinggal penyerang muda Persipura mulai dari Marinus Manewar sudah pulih, Gunansar Mandowen dan Rolando Wanma. Penyerang senior Titus Bonay top skor Persipura dengan torehan 12 gol pantas bertahan meski sudah banyak tawaran dari klub luar Malaysia. El Capitano Boaz T Solossa memang masih menjadi roh nya Persipura musim lalu dan mungkin musim depan. Tiga pemain senior Persipura Ian Kabes, Ricardo Salampessy dan Boaz T Solossa mungkin akan secara perlahan meninggalkan skuad Mutiara Hitam.

Pelatih Persipura Jacksen F Tiago dan pihak menejemen siap untuk melengserkan para pemain senior Boaz, Kabes dan Salampessy dengan waktu yang tepat. Belajar dari pengalaman dicoretnya Eduard Ivakdalam dan Jack Komboy musim lalu,  tidak meninggal kesan buruk, seakan akan mereka dibuang dan dilupakan. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top