Bertemu Dubes Belgia, Ketua DPR Papua sampaikan PR Jokowi di Papua

Bertemu Dubes Belgia, Ketua DPR Papua sampaikan PR Jokowi di Papua

Duta Besar Belgia untuk Indonesia, Stephane De Loecker (kiri) bersama Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal – Jubi/Alexander Loen

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua atau DPRP Yunus Wonda menerima kunjungan Duta Besar Belgia untuk Indonesia Stephane De Loecker di Kantor DPRP di Jayapura, Papua, Senin (13/5/2019). Dalam pertemuan itu, Wonda menjelaskan pekerjaan rumah yang seharusnya menjadi prioritas kerja Joko Widodo di Papua.

Salah satu perkerjaan rumah atau PR Presiden Joko Widodo yang disampaikan Wonda kepada De Loecker adalah penyelesaian berbagai kasus pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Papua. Wonda menyampaikan, penyelesaian berbagai kasus pelanggaran HAM di Papua seharusnya dijadikan prioritas kerja Joko Widodo jika terpilih kembali menjadi Presiden RI.

“Kami menyampaikan, Presiden Jokowi mesti fokus menyelesaiakan kasus pelanggaran HAM, karena itu salah satu kunci mengembalikan kepercayaan rakyat Papua kepada pemerintah pusat,” kata Wonda usai pertemuan tersebut.

Wonda mengingatkan, publik di Papua terlanjur menilai menilai siapa pun presidennya, Presiden RI tidak dapat menyelesaikan masalah pelanggaran HAM Papua. Wonda menegaskan ia tidak ingin penilaian itu menjadi kenyataan.

Ini merupakan kali pertama  Stephane De Loecker berkunjung ke Papua. Selain ingin melihat langsung situasi Papua, ia juga menanyakan pertumbuhan ekonomi, keamanan dan politik di provinsi paling Timur Indonesia itu.

Kepada De Loecker , Wonda juga menyampaikan pertumbuhan ekonomi di Papua secara umum dinilai mengalami peningkatan, namun belum menguntungkan masyarakat asli Papua. “Secara umum untuk semua masyarakat Papua mungkin naik, tapi kalau bicara khusus orang asli Papua, belum terlihat,” ucapnya.

Dalam kunjungannya ke Papua, De Loecker bertemu beberapa pihak terkait. Selain ketua DPR Papua, ia juga bertemu Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal. “Kunjungan ini untuk melihat situasi Papua. Kami ingin mengetahui potensi ekonomi dan konteks politik di Papua. Kunjungan ini untuk mengetahui lebih dalam mengenai Papua,” kata De Loecker. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)