HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bertemu Dubes Indonesia, Gubernur Papua titip pelajar dan mahasiswa asal Papua

Gubernur Papua, Lukas Enembe berbincang dengan Dubes Indonesia untuk AS, Mahendra Siregar di Kedubes Indonesia, Washington – Jubi/Victor M

New York, Jubi – Gubernur Papua harap Kedubes Indonesia di AS perhatikan mahasiswa Papua memperhatikan pelajar dan mahasiswa Papua yang sedang menempuh pendidikan di beberapa kota di Amerika Serikat (AS). Harapan ini disampaikan oleh Gubernur Enembe saat berkunjung ke Kedubes Indonesia untuk AS di Washington, AS, Selasa (14/5/2019).

“Saya harap kedutaan besar Indonesia memperhatikan mahasiswa Papua yang sedang sekolah di Amerika Serikat. Mahasiswa-mahasiswa itu warga negara Indonesia juga. Jika ada masalah yang mereka hadapi, mohon Kedubes bisa menanganinya terlebih dulu,” ujar Gubernur Lukas Enembe kepada Duta Besar Indonesia untuk AS, Mahendra Siregar.

Kepada Dubes, Gubernur Enembe menyampaikan ada sekitar 300 lebih anak-anak Papua di AS yang belajar di universitas maupun SMA. Mereka tersebar di beberapa kota. Sebagian besar berada di Michigan, Dallas dan Washington. Anak-anak Papua ini membutuhkan pengawasan karena tidak semuanya sanggup menghadapi perubahan dengan cepat, sehingga mungkin saja ada yang mengalami masalah. Masalah yang dihadapi pun beragam, dari masalah perkuliahan hingga masalah kesehatan.

Meski demikian, beberapa mahasiswa bisa mencatat prestasi yang baik. Beberapa mahasiswa asal Papua lulus cum laude dari perguruan tinggi AS. Mereka layak dipromosikan dalam program-program internasional. Untuk itu, Enembe berharap kedutaan besar Indonesia bisa membantu mempromosikan mahasiswa asal Papua dalam program-program pendidikan internasional di AS.

Menanggapi harapan Gubernur Enembe, Dubes Siregar mengatakan Kedubes Indonesia selama ini sangat memperhatikan anak-anak Papua yang sedang belajar di AS. Bahkan mahasiswa dan pelajar asal Papua menjadi prioritas. Namun ia mengakui memang ada masalah dalam komunikasi antara anak-anak Papua di AS dengan pihak kedubes.

Loading...
;

“Mahasiswa Papua di AS ini jadi prioritas kami. Namun harus kita akui memang ada masalah kepercayaan dalam hal ini. Tapi kita berpikir positif untuk memperbaikinya,” ujar Dubes.

Dubes juga berharap pelajar dan mahasiswa asal Papua yang datang berkuliah di AS bisa melaporkan diri mereka ke kedutaan agar komunikasi bisa berlangsung dengan lancar. Sehingga jika mereka mengalami masalah, bisa segera ditindaklanjuti oleh pihak kedubes.

“Kalau sudah di AS, semua harus dioptimalkan. Mereka sebaiknya tinggal lebih lama setelah kuliah agar punya jaringan global dan internasional. Ini yang sangat penting saat ini,” kata Dubes sambil menambahkan anak-anak Papua di AS harus bisa mendapatkan nilai lebih di AS karena mereka sudah sampai di salah satu negara paling maju di dunia.

Bahkan Dubes memberikan saran kepada Gubernur Papua agar mengubah peraturan pengiriman mahasiswa asli Papua ke luar negeri agar bisa tinggal lebih lama setelah kuliah.

Namun Gubernur Enembe mengatakan anak-anak asli Papua yang dikirim sekolah ke luar negeri itu sudah ditetapkan jangka waktu sekolahnya. Kalau lewat dari masa yang ditetapkan, mereka akan dipulangkan.

“Beberapa mahasiswa di Jerman yang dipulangkan karena sudah lewat jangka waktu beasiswa sementara para mahasiswa tersebut tak kunjung selesaikan kuliah mereka,” kata Enembe.

Ia menambahkan salah satu ketentuan lainnya adalah setiap anak Papua yang dikirimkan untuk belajar di luar negeri harus menguasai bahasa Inggris dalam waktu dua tahun. Jika dua tahun masih belum bisa berbahasa Inggris dengan baik, akan dipulangkan.

“Saran dubes itu akan saya pertimbangkan. Memang anak-anak kita harus punya jaringan global dan internasional. Karena itu juga saya sarankan mereka yang sudah selesai kuliah tidak perlu pulang ke Papua. Mereka bisa kerja dimana saja,” kata Enembe. (*)

Editor : Victor Mambor

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top