Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Besok, Bupati di Anim Ha bahas pembentukkan provinsi

Benjamin Latumahina – Jubi/Frans L Kobun.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sebanyak empat kepala daerah dijadwalkan bertemu untuk membahas rencana pembentukkan Provinsi Papua Selatan. Pertemuan mereka diagendakan berlangsung di Merauke, Jumat (8/11/2019).

“Kami berharap pertemuan menghasilkan sejumlah poin yang berkaitan pembentukan Provinsi Papua Selatan, dan Pemerintah Kota Merauke. Pertemuan tentunya juga akan menyepakati (penentuan) ibu kota provinsi,” kata Ketua Sementara DPRD Merauke Benjamin Latumahina, Kamis.

Kepala daerah yang bakal bertemua itu ialah Bupati Merauke Frederikus Gebze, dan Bupati Boven Digoel Benediktus Tambonop. Kemudian, Bupati Mappi Kristosimus Agawemu, dan Bupati Asmat Elysa Kambu.

Benjamin yakin para bupati menyetujui usul penetapan Merauke menjadi calon Ibukota Papua Selatan. Itu merujuk kepada sejarah yang dikemukakan para tokoh masyarakat dan pemuka adat di Papua Selatan.

Loading...
;

“Untuk wilayah Ibukota Kabupaten Merauke (yang baru), ada beberapa lokasi diusulkan, salah satunya di Distrik Kurik. Itu baru wacara, nanti dibicarakan dan disepakati lagi (penentuan lokasinya),” kata Benjamin.

Dia menambahkan masalah penentuan batas wilayah antarkabupaten maupun calon Provinsi Papua Selatan sebaiknya dikonsultasikan kepada pemerintah pusat. Para bupati di Wilayah Adat Anim Ha tersebut dapat menghadap mendagri supaya permasalahannya menjadi lebih jelas.

Anggota DPRD Merauke Moses Kaibu turut mengapresiasi perjuangan pembentukkan Papua Selatan. Kehadiran provinsi baru sudah lama diimpikan masyarakat setempat. “Menjadi tanggungjawab semua pihak, termasuk tiga (pemerintah) kabupaten (Boven Digoel, Mappi, dan Asmat) membentuk tim (persiapan), dan mulai bekerja.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top