Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BI: Kas Keliling BI akan layani penukaran uang kecil pada 27-31 Mei

Foto ilustrasi – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Mobil kas keliling Bank Indonesia akan melayani penukaran uang pecahan kecil di Kota Jayapura pada 27 Mei hingga 31 Mei 2019. Mobil kas keliling itu berkeliling di  di wilayah Abepura dan Tanah Hitam, Markas Kepolisian Daerah Papua, Mall Jayapura, Kantor Gubernur Papua, Entrop, Kantor Wali Kota Jayapura, hingga Hamadi.

Hal itu disampaikan Kepala Unit Pengelolaan Uang Rupiah Perwakilan Bank Indonesia Papua, Budi Siswanto, kepada Jubi, Jum’at (24/5/2019). Menurutnya layanan penukaran uang kecil melalui mobil kas keliling di Kota Jayapura untuk mengantisipasi kebutuhan pada hari raya lebaran itu akan berlangsung setiap hari pada pukul 09.00 hingga 12.30 WP.

“Pada waktu biasa, (mobil kas keliling BI) rutin (melayani penukaran uang pecahan kecil) pada Senin dan Kamis. Menjelang lebaran, (mobil kas keliling melayani penukaran uang pecahan kecil setiap hari) mulai 27 Mei hingga 31 Mei. Mobil kas keliling akan melayani penukaran uang di di wilayah Abepura dan Tanah Hitam, lanjut di  Polda, Mall Jayapura, Kantor Gubernur, Entrop dan kantor Walikota hingga Hamadi,” ujar  Budi

Kepala perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua, Joko Supratikto menyatakan pihaknya juga telah memastikan bank di Papua akan siap melayani penukaran uang pecahan kecil untuk kebutuhan Lebaran 2019. Selain itu, Bank Indonesia juga telah menyiapkan uang tunai lebih banyak untuk melayani kebutuhan uang tunai selama masa Lebaran 2019.

Loading...
;

“Untuk melayani kebutuhan uang tunai selama Lebaran tahun ini, kami menyiapkan uang tunai Rp 3,7 sampai Rp 4 triliun. Untuk melayani penukaran uang pecahan kecil, telah kami siapkan uang pecahan kecil sebanyak Rp 45 Miliar. Penukaran uang kecil bisa dilakukan melalui mobil kas keliling Bank Indonesia, ataupun melalui kantor bank. Uang pecahan kecil yang disiapkan mulai dari pecahan Rp 2000 hingga Rp 100 ribu,” kata Joko.

Vice presiden  PT Bank Bank mandiri Region XII – Papua, I Gede Arimbawa menyatakan pihaknya telah menyiapkan uang tunai Rp653 miliar  untuk melayani lonjakan kebutuhan uang kartal selama masa perayaan Idul Fitri 2019 mulai 6 Mei 2019 hingga 10 Juni 2019.  Dari nilai itu, sejumlah 74,4%  dana akan didistribusikan di wilayah  Papua, dan 25,6% di wilayah Papua Barat. “Puncak (kebutuhan uang kartal pada masa perayaan Lebaran) kami prediksi (terjadi) tanggal 1 Juni 2019, ” ujar Arimbawa.

Arimbawa menyatakan kebutuhan uang tunai melalui anjungan tunai mandiri juga telah meningkat, dari rata-rata Rp30 miliar per hari menjadi Rp 32,5 miliar per hari. “Kami telah menyiapkan satuan tugas atau tim khusus jauh-jauh hari, mengantisipasi (lonjakan kebutuhan uang kartal itu). Kami juga akan menyiapkan beberapa cabang Mandiri yang membuka layanan terbatas, misalnya untuk menjalankan nota kesepahaman dengan Partamina. Kami sudah izin Otoritas Jasa Keuangan (bahwa beberapa kantor cabang Mandiri tetap buka dengan layanan terbatas pada masa Idul Fitri),” kata Arimbawa.

Arimbawa juga menyatakan pihaknya telah menugaskan lima kantor cabang untuk melayani penukaran uang pecahan kecil di Papua dan Papua Barat. “Kami menunjuk tiga cabang di kota Jayapura yaitu KC Jayapura Ahmad yani, KCP Jayapura Abepura dan KCP Sentani  untuk melayani penukaran uang kecil sekitar tanggal 6 sd 29 Mei 2019. Selain itu, kami juga menunjuk dua kantor cabang lain di Provinsi Papua Barat, yaitu KC Sorong Basuki Rahmat dan KC Manokwari,” ujarnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top