BKD : Belum ada laporan soal pegawai tidak disiplin

BKD : Belum ada laporan soal pegawai tidak disiplin

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua, Nicolaus Wenda – Jubi/Dok

Jayapura, Jubi – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Papua mengklaim, sampai saat ini belum ada laporan mengenai Aparatur Sipil Negara (ASN) setempat yang tidak disiplin dalam bekerja.

Kepala BKD Papua Nicolaus Wenda, mengatakan aturan soal ASN sudah sangat jelas. Dengan demikian semuanya kembali ke masing-masing pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bagaimana membina stafnya.

“Kepala OPD harus intens mengecek ataupun mengabsen disiplin pegawainya. Jangan membiarkan saja, kalau ada pegawai yang malas tentu harus diberikan teguran,” kata Wenda, di Jayapura kemarin.

Ia tegaskan, BKD akan memberikan sanksi tegas kepada pegawai apabila ada laporan dari setiap OPD. Sebab, kalau tanpa laporan pihaknya tidak bisa bertindak.

“Jadi pemberian sanksi sebenarnya lebih kepada masing-masing OPD, jika ada stafnya yang tidak disiplin silahkan ditegur sesuai aturan yang berlaku. Misalnya dengan memanggil yang bersangkutan, apalagi dalam aturan itu tercatat ada hukuman ringan, sedang hingga berat,” ucapnya.

“Intinya, kami minta pimpinan OPD untuk jeli melihat disiplin pegawai termasuk keaktifan dan kehadiran di kantor,” sambungnya.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, mengatakan selain menjalankan tugas pemerintahan, setiap pegawai diwajibkan mengikuti apel rutin. Sebab, kehadiran menunjukan kewibawaan sebagai ASN profesional.

“Yang harus diingat, pemerintah tidak mengurai berapa kuantitas tugas yang pegawai lakukan di setiap OPD, tapi dengan kehadiran menunjukan satu kesatuan dalam sistem penyelenggaraan pemerintahan Papua,” kata Hery.

Menanggapi itu, dirinya meminta setiap pimpinan OPD untuk bisa mengintervensi seluruh stafnya, agar bisa mengikuti apel rutin dengan penuh kesadaran, bukan karena rasa takut dan bukan mau menerima TPP dan lain sebagainya.

“Semua yang dilakukan harus lahir dari kesadaran untuk melakukan disiplin sebagai aparatur negara,” ucapnya. (*)

Editor : Syam Terrajana

 

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)