Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BKKBN dan Pemprov Papua susun rancangan besar pembangunan kependudukan

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional Pusat, Hasto Wardoyo saat berbincang dengan Sekretaris Daerah Papua. – Istimewa

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional atau BKKBN Pusat bersama Pemerintah Provinsi Papua, akan menyusun rancangan besar pembangunan kependudukan di Bumi Cenderawasih. Rancangan itu disusun untuk membangun kualitas hidup, antara lain dengan mengatur jarak kelahiran anak.

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat Hasto Wardoyo, mengatakan rancangan besar pembangunan kependudukan beberapa wilayah di Indonesia sudah selesai dikerjakan. Untuk Papua, rancangan itu tengah dalam tapah penyusunan, dan tinggal melengkapi data beberapa kabupaten dan pendataan keluarga.

“Kemungkinan dimulai pada 2020 dengan melakukan pendataan keluarga. Pendataan keluarga itu sebagai bagian yang menyempurnakan dan memutahirkan data,” kata Hasto di Jayapura, Senin (18/11/2019).

Menurut Hasto, konsep pembangunan keluarga adalah kualitas keluarga, sehingga Keluarga Berencana tidak hanya dipersepsikan sebagai kontrasepsi untuk membatasi jumlah anak. Bagia dari Keluarga Berencana adalah mengatur jarak kelahiran anak, sehingga setiap anak terlahir mendapatkan kualitas hidup yang mencukupi untuk berkembang menjadi sumber daya manusia yang unggul.

Loading...
;

“Kami ingin tingkatkan disini adalah kualitas sumber daya manusia. [Peningkatan kualitas sumber daya manusia penting] agar Papua lebih unggul [pada masa mendatang],” ujarnya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen mengaku siap mendukung kebijakan BKKBN Pusat, terutama program pembangunan kependudukan di Provinsi Papua. “Kami apresiasi kepala BKKBN yang ingin merekonstruksi kebijakan yang selama ini sentralistik terkait kependudukan dan Keluarga Berencana,” kata Hery.

Menurutnya, semua kebijakan tidak bisa diterapkan sama di semua daerah, termasuk di Papua. Dosinaen menyatakan terobosan BKKBN harus didukung. “Yang terpenting, kebijakan yang ada harus diaplikasikan ke semua daerah, berdasarkan kearifan yang ada terutama di Papua,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top