Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BMKG ingatkan cuaca ekstrem di Papua

Ilustrasi cuaca ekstrem. -Tempo.co

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), kembali mengeluarkan peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Papua dan Papua Barat pada dua hari ke depan.

Kepala BMKG Stasiun Rendani Manokwari, Denny Putiray di Manokwari, mengatakan gelombang tinggi berpeluang terjadi di perairan utara Papua Barat hingga Papua.

“Termasuk di Kawasan Teluk Cendrawasih bagian utara ada potensi kemunculan angin kencang,” kata Denny, di Papua, Senin (18/11/2019).

Selain angin kencang, kata dia, di sejumlah wilayah tersebut berpotensi terjadi hujan lebat disertai petir, di antaranya di perairan Biak, Teluk Cenderawasih dan perairan Sarmi – Jayapura.

Loading...
;

Ia menjelaskan dari citra satelit terpantau adanya tanda-tanda kemunculan awan cumulonimbus di perairan Biak, Teluk Cenderawasih dan perairan Sarmi – Jayapura. Selain hujan awan gelap tersebut berpotensi menimbulkan angin kencang.

Khusus di Papua Barat, lanjut Denni, pada Selasa hingga Rabu, diperkirakan akan terjadi hujan lokal. Hujan lokal berpotensi terjadi di setiap wilayah.

“November ini, intensitas hujan hampir di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat sudah semakin tinggi. Pada Desember kemungkinan akan terus meningkat,” katanya.

Puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret 2020. Masyarakat diingatkan untuk waspada terhadap bencana banjir dan longsor.

“Nelayan yang biasa beraktivitas di laut juga harus waspada, karena saat musim hujan bisa saja tiba-tiba ada angin kencang. Kami selalu mengeluarkan peringatan dini, mudah-mudahan masyarakat juga mengerti,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top