Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BNPB bantu 200 unit alat pengasapan ikan

Kepala BNPB, Doni Monardo, saat berdiskusi dengan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Untuk meningkatkan kreatifitas dan peningkatan ekonomi bagi mama-mama Papua yang berada di pesisir Danau Sentani.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menyerahkan 200 unit alat pengasapan ikan kepada Pemerintah Kabupaten Jayapura, yang selanjutnya akan disalurkan secara merata bagi mama-mama di pesisir Danau Sentani.

Peralatan pengasapan ikan ini diserahkan secara simbolis oleh Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo, di Kampung Sereh Tua Distrik Sentani, yang diterima langsung oleh Asisten I Setda Kabupaten Jayapura.

Kepala BNPB Pusat dalam sambutannya mengatakan pemberian alat pengasapan ikan adalah bagian dari komitmen Pemerintah Pusat untuk terus memberikan dukungan nyata kepada mama-mama Papua dalam mengembangkan usaha perikanan dan kelautan di tempat masing-masing.

Loading...
;

“Dengan alat pengasapan ikan ini, kita harapkan hasil sumber daya alam dari dalam Danau Sentani dan juga pesisir pantai dapat memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” ujar Doni, saat dihubungi di Sentani, Kamis (5/9/2019).

Dikatakan, data yang diterima BNPB untuk produksi ikan dari laut yang ditangkap oleh nelayan sebanyak 10 ton per hari. Demikian pula dari Danau Sentani yang tidak kalah banyaknya setiap hari.

Menurut Doni, jumlah tangkapan ikan baik di laut maupun di danau sesungguhnya membutuhkan fasilitas yang memadai agar masyarakat dapat mengelola hasil tangkapan mereka dengan baik.

“Dengan alat pengasapan ikan ini, masyarakat dapat memanfaatkan hasil tangkapan mereka menjadi nilai ekonomi yang tinggi. Masyarakat tidak perlu mencari pasar jauh-jauh, cukup dikelola di rumah saja pasti akan laku dibeli oleh masyarakat sekitar,” jelasnya.

Untuk itu, Doni berharap dengan bantuan 200 unit alat pengasapan ikan ini, mama-mama Papua harus lebih kreatif lagi dalam mengelola hasil sumber daya alamnya dengan baik.

“Hasil tangkapan ikan lalu dikelola dalam fasilitas pengasapan ini, tidak hanya di pasar lokal saja tetapi juga bisa dikirim keluar daerah, apalagi seperti ikan gabus Sentani yang memiliki gizi dan protein tinggi tentu menjadi incaran semua orang untuk mencicipinya,” kata purnawiraan TNI berpangkat satu bintang itu.

Sementara itu Ludia Sokoi, salah satu mama yang menerima fasilitas pengasapan ikan ini merasa senang dan berterima kasih atas pemberian alat ini secara cuma-cuma oleh Pemerintah Pusat kepada masyarakat termasuk dirinya.

“Kami berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang telah mengirimkan alat ini melalui Bapak Ketua BNPB Pusat dan saat ini sudah sampai ditangan kami. Pasti alat ini akan dimanfaatkan sekuat tenaga untuk memberikan yang terbaik dari hasil tangkapan kami di Danau Sentani,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top