Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BNPB serahkan bantuan kepada masyarakat Sentani

Penyerahan plakat bantuan secara simbolis oleh Kepala BNPB Pusat kepada Asisten I Setda Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Masyarakat di Kabupaten Jayapura yang terkena dampak musibah banjir bandang dan naiknya permukaan air Danau Sentani pada 16 Maret lalu, terus menjadi perhatian pemerintah pusat dan daerah. Hal ini terbukti dengan bala bantuan yang terus mengalir sejak pasca bencana sampai dengan saat ini.

Terkait bantuan yang diberikan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat telah menyerahakan 24 unit perahu Katamaran, 2 unit pabrik sagu, dan 200 unit alat pengasapan ikan kepada masyarakat di pesisir Danau Sentani.

Selain bantuan tersebut, BNPB juga berupaya melaksanakan program pembangunan di bidang pendidikan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan ekonomi masyarakat, serta lingkungan hidup.

Kepala BNPB Pusat, Doni Monardo, mengatakan sejumlah bantuan dan pelaksanaan program pembangunan yang diberikan ini, secara khusus bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura merupakan upaya pemerintah pusat dan daerah untuk terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Loading...
;

Dikatakan, untuk peningkatan SDM, pihaknya telah berkoodinasi dengan kementerian terkait untuk memberikan kesempatan kepada seluruh putra-putri asli Papua untuk mendaftar dan masuk ke perguruan tinggi di seluruh Indonesia secara gratis.

Untuk peningkatan ekonomi kreatif masyarakat lokal, kata Doni, pemberian fasilitas alat pengasapan ikan sebanyak 200 unit dan pembangunan 2 unit pabrik sagu merupakan langkah tepat dalam peningkatan kreatiftas ekonomi masyarakat lokal.

“Bantuan fasilitas pendukung serta program pembangunan yang diberikan ini kiranya dapat dimanfaatkan sebaik mungkin oleh semua penerima manfaat di sini, termasuk perahu katamaran sebagai fasilitas transportasi yang ramah lingkungan bagi penggunaannya di Danau Sentani,” ujar Doni saat dihubungi di Sentani, Kamis (5/9/2019).

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pihaknya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Pusat melalui BNPB yang terus berkomitmen memberikan perhatian penuh bagi masyarakat di Kabupaten Jayapura.

Lanjut Bupati Awoitauw, Kabupaten Jayapura saat ini masih dalam keadaan duka, kondisi masyarakat belum sepenuhnya pulih akibat banjir bandang Maret lalu.

“Ini adalah cara Tuhan bagi kita, satu tanda heran kepada tanda heran yang lainnya. Hal ini harus disyukuri bahwa Tuhan tidak pernah meninggalkan umat yang berpengharapan kepadaNya,” pungkas Bupati Awoitauw. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top