Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BPJS Kesehatan jamin layanan peserta JKN-KIS selama libur lebaran

Konferensi pers “Mudik Nyaman dengan BPJS Kesehatan” di kantor cabang Wamena-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Wamena akan tetap menjamin pelayanan kepada setiap peserta JKN-KIS selama libur Lebaran, mulai dari H-7 hingga H+7 tepatnya sejak 29 Mei hingga 13 Juni 2019.

Pejabat pelaksana sementara kepala cabang BPJS Kesehatan Wamena, Dian Novita saat konferensi pers “Mudik Nyaman Bersama BPJS Kesehatan”, Senin (27/5/2019) di kantor cabang Wamena mengatakan, peserta JKN-KIS tetap bisa memperoleh jaminan pelayanan kesehatan pada fasilitas kesehatan yang ditunjuk BPJS Kesehatan, termasuk saat peserta mudik ke luar kota.

“Peserta JKN-KIS yang sedang mudik lalu membutuhkan pelayanan kesehatan di luar kota, maka dapat mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) walaupun peserta tidak terdaftar di FKTP tersebut. Layanan kesehatan bisa diperoleh peserta di FKTP yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan,” katanya.

Dian menyampaikan, apabila tidak terdapat FKTP yang dapat memberikan pelayanan saat libur lebaran di wilayah tersebut, atau peserta membutuhkan pelayanan di luar jam buka layanan FKTP, maka peserta dapat dilayani di IGD rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar.

“Pada kondisi gawat darurat, seluruh fasilitas kesehatan baik tingkat pertama maupun lanjutan wajib memberikan pelayanan penanganan pertama kepada peserta JKN-KIS, selama peserta mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani,” ujarnya.

Loading...
;

Selain itu, kata Dian, BPJS Kesehatan juga mengembangkan aplikasi Mudik BPJS Kesehatan yang dapat di-download secara gratis di Playstore dan Appstore. Aplikasi tersebut menyediakan telepon penting, alamat kantor BPJS Kesehatan, fasilitas kesehatan mitra BPJS Kesehatan, tanya jawab dan informasi BPJS Kesehatan, tips BPJS Kesehatan, lokasi-lokasi penting, serta media sosial BPJS Kesehatan.

BPJS Kesehatan juga menyediakan pelayanan khusus kepada peserta JKN-KIS di kantor cabang, kantor kabupaten wilayah kerja kantor cabang Wamena seperti di kabupaten Yahukimo.

“Layanan khusus bagi peserta JKN-KIS disediakan mulai tanggal 3, 4, dan 7 Juni 2019 pukul 08.00-12.00 waktu setempat. Peserta bisa melakukan pendaftaran bayi baru lahir (khusus bagi peserta Pekerja Penerima Upah/PPU dan Penerima Bantuan Iuran/PBI), pencetakan kartu bayi baru lahir, perbaikan data dan pencetakan kartu peserta PBI yang sedang dirawat inap, re-aktivasi anak PPU berusia di atas 21 tahun yang masih kuliah dan sedang dirawat inap, dan penanganan pengaduan yang membutuhkan solusi segera,” katanya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Wamena, Lamsah Rotua Sidabutar mengaku jika petugas di kantor cabang akan tetap ada, khususnya pada pelayanan di tanggal 3,4 dan 7 Juni 2019.

“Kami sendiri sudah buat jadwal untuk piket pada tanggal 3,4 dan 7 Juni selama libur lebaran. Sehingga untuk peserta-peserta kita tidak ada halangan, atau bisa juga di call center setiap saat ke 1500 400 dan kami akan pasang banner maupun pemberitahuan langsung di setiap fasilitas kesehatan dan akan jelas nanti siapa yang PIC atau bertugas di kantor cabang kami,” kata dia. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top