Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BPKAD Akan Atur Dana Bansos Lebih Teliti

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua, Benyamin Arisoy - Jubi/Alex
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua, Benyamin Arisoy – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Agar tak menjadi temuan Badan Pemeriksa Keuangan, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Papua, kedepan akan mengatur pemberian dana bantuan sosial (Bansos) dan hibah yang bersumber dari APBD lebih teliti lagi.

“Agar tak menjadi temuan, proses pencairan dana Bansos dan hibah akan terus kami benahi,” kata kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Papua, Benyamin Arisoy, di Jayapura, Minggu (2/8/2015).

Ia jelaskan, mekanisme penggunaan dana bantuan sudah cukup jelas diatur dalam Pemendagri PP 32 dan 39 tentang Hibah dan Bantuan Sosial.

“Untuk itu, kepada siapa yang menerima dan hibah atau bantuan sosial memiliki tanggung jawab untuk menyampaikan pertanggungjawaban,” ucapnya.

Menurut ia, proses pencairan Bansos cukup transparan, misalnya dalam memberikan transaksi itu sudah jelas, sehingga dari sisi penggunaan anggaran sudah jelas, tetapi dari sisi pertanggungjawaban penerima hibah dan Bansos harus menyampaikan laporan.

“Untuk itu, Bansos yang akan diberikan dibuat terperinci, baik nilai maupun penerima,” katanya.

Loading...
;

Sebelumnya. Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Reydonnyzar Moenek memuji Pemerintah Provinsi Papua dalam keberpihakan pengelolaan dana Bansos dari tahun ke tahun yang menunjukkan perubahan dengan lebih terfokus diberikan kepada kabupaten/kota.

“Ini bagus, pemberian bansos dapat ditekan, meskipun ada beberapa hal yang masih ditemukan. Tetapi untuk sektor barang dan jasa harus masih bisa ditekan dan yang harus perbesar pada sektor belanja modal,” kata Moenek. (Alexander Loen)

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top