HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Buang sembarangan, sampah di TPA Doyo Lama menutup jalan

Sampah di TPA Doyo Lama yang menutup akses jalan ke TPA tersbeut – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kurangnya kesadaran setiap kendaraan yang masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) Doyo Lama Distrik Waibu, Kabupaten Jayapura, dan membuang sampah tidak pada tempat yang sudah disediakan, membuat sampah menumpuk di bagian depan TPA serta menutup akses jalan masuk ke TPA tersebut.

Pantauan Jubi di TPA Doyo Lama, sampah menumpuk dan tidak dibuang pada tempat sehingga akses jalan untuk keluar masuk kendaraan hanya tersisa sekitar satu setengah meter saja.

Petugas keberaihan di TPA Doyo lama, Karel Tecuary, mengatakan sudah sekitar satu pekan sampah menumpuk seperti ini.

“Sampah numpuk ini sudah satu minggu, ini terjadi karena truk yang masuk buang sampah itu asal buang saja,” jelasnya, saat ditemui Jubi di TPA Doyo Lama, Selasa (14/5/2019).

Loading...
;

Ia menambahkan jika sampah ini dibuang pada tempatnya di bagian dalam TPA, di bagian depan TPA tidak akan terjadi penumpukan sampah seperti yang terjadi sekitar satu pekan terakhir.

“Mereka truk DKPP dan kendaraan lain masuk, kita suruh masuk buang di dalam, ada yang dengar ada juga yang tidak, mereka cari yang gampang saja biar cepat,” ungkap Karel dengan nada kesal.

Untuk mengatasi penumpukkan sampah yang makin bertambah itu, dinas terkait telah melakukan penimbunan dengan menggunakan eksavator, dimana eksavator baru beroperasi pada Selasa (14/5/2019).

“Kalau bisa itu dari dinas arahkan mereka yang buang sembarangan itu supaya buang dengan benar. Kebanyakan itu sampah yang dibawa dengan kendaraan yang bukan dari dinas-dinas terkait seperti Rindam, perumahan penduduk, toko bangunan, dan perumahan lainnya,” jelas Tecuary.

Terpisah, Bakhtiar, petugas kebersihan di Pasar Pharaa Sentani, mengatakan akses jalan masuk ke TPA Doyo Lama tertutup sampah yang menumpuk.

“Orang-orang yang buang sampah ini asal buang saja, jadi jalan langsung tertutup. Saya mau buang ke bagian dalam TPA sangat susah, harus cari celah baru buang,” ucap supir truk sampah Pasar Pharaa ini.

Ia mengatakan setiap kendaraan yang masuk  harus diarahkan agar akses jalan itu aman untuk keluar masuk truk dan mobil sampah.

“Yang buang mereka hanya cari aman dan cepat, asal buang saja, harus ada teguran agar teratur,” kata Bakhtiar. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)