Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

BUMN/BUMD diminta berpartisipasi mendukung PON Papua

Wakil Ketua I DPR Papua, Edoardus Kaize (kanan) dan Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta, Santoso (kiri) – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Wakil Ketua I DPR Papua, Edoardus Kaize meminta Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN/BUMD) di Papua berpartisipasi mendukung pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua.

Hal itu dikatakan Edoardus Kaize usai DPR Papua bertemu beberapa anggota DPRD DKI Jakarta yang studi banding ke Papua, Kamis (18/7/2019).

Ia mengatakan, hingga kini kontribusi perusahaan BUMN, BUMD dan pihak swasta yang ada di Papua dalam mendukung pelaksanaan PON belum jelas.

“Mestinya kontribusi mereka disampaikan ke publik. Kalau tidak mampu membangun venue, minimal menyiapkan atlet. Dana Corporate Social Responsibility atau CSR mesti dipakai, tidak bisa tidak,” kata Edoradus Kaize.

Loading...
;

Menurutnya, dalam pertemuan dengan DPRD DKI Jakarta pihaknya juga ditanyai terkait peran BUMN maupun perusahaan swasta di Papua dalam mendukung PON, terutama pengunaan dana CSR.

“Kami sampaikan, hanya PT Freeport yang membantu membangun venue yakni Mimika Sport Center. Namun kami belum tahu berapa anggarannya. Untuk BUMN dan BUMD belum jelas kontribusinya mendukung PON,” ujarnya.

Katanya, hasil diskusi dengan DPRD DKI Jakarta terkait kesiapan pelaksanaan PON di Papua akan ditindaklanjuti pihaknya ke gubernur dan organisasi perangkat daerah terkait.

DPR Papua lanjut Kaize akan menanyakan progres kesiapan PON dan pemerintah mesti terbuka. DPR Papua ingin Pemprov Papua, OPD juga pihak lain yang terlibat mempersiapkan pelaksanaan PON benar-benar siap.

“Kami akan bertemu gubernur dan meminta seperti apa progresnya setiap bula, waktu semakin sempit. Kita tidak bisa lagi banyak teori, diskusi, tapi tindakan. Misalnya ketersediaan dana dan lainnya mesti segera dibicarakan,” ucapnya.

Pada Kamis (18/7/2019), beberapa angggota DPRD DKI Jakarta studi banding ke Papua dipimpin Ketua Komisi C DPRD DKI Jakarta, Santoso.

Anggota DPRD DKI Jakarta menanyakan berbagai hal, termasuk kesiapan pelaksanaan PON XX di Papua, 2020 mendatang dalam pertemuan dengan para anggota DPR Papua di ruang pertemuan DPR Papua.

“Kami juga ingin mendiskusikan bagaimana perawatan venue setelah PON, karena biasanya setelah pelaksanaan, fasilitas terbengkalai,” kata Santoso.

Ia mencontohkan pasca-Asian Games di Jakarta, pemeliharaan fasilitas masih mengandalkan APBD, karena olahraga belum menjadi industri di Indonesia. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top