Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Awoitauw pertanyakan kelanjutan pembangunan jalan alternatif

Mathius Awoitauw – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura Mathius Awoitauw mempertanyakan kelanjutan pembangunan jalan alternatif untuk mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020. Pembangunan Jalan sepanjang Telaga Maya di Distrik Sentani Timur hingga Yabaso di Distrik Sentani belum juga dikerjakan Balai Besar Jalan dan Jembatan.

“Inikan (pembangunan jalan) menggunakan dana pemerintah pusat. Kenapa belum dikerjakan,” kata Bupati Awoitauw, Selasa (10/12/2019).

Dia memastikan persoalan ganti-rugi terhadap penggunaan lahan masyarakat ditanggung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura. Mereka akan membayarkannya langsung kepada pemilik hak ulayat. “Untuk warga di Netar (Kampung Nendali) hingga Yabaso, sudah kami bayar (ganti rugi terhadap) tanaman mereka.”

Bupati Awoitauw pesimistis pembangunan jalan akan selesai tepat waktu jika tidak juga dimulai pengerjaannya. Itu mengingat pelaksanaan PON 2020 tidak sampai setahun lagi dari sekarang.  “Jalan alternatif dibangun untuk mengurai kemacetan (lalu lintas) di Kota Sentani ketika PON berlangsung.”

Dia juga berharap masyarakat bekerja sama dan mendukung pembangunan jalan. Ganti-rugi lahan mereka, pasti dibayar oleh Pemkab Jayapura. “Masyarakat tinggal menunjuk perwakilan mereka untuk menerima dana (ganti rugi).

Loading...
;

Pembangunan jalan alternatif mendapat penolakan dari warga Kampung Nolokla di Distrik Sentani Timur. Warga keberatan lantaran pembangunan jalan menggusur lahan sagu mereka.

“Masyarakat menolak pembangunan jalan karena akan menggusur hutan sagu. Hal ini harus didiskusikan dengan baik antara pemerintah daerah dan pemilik hak ulayat,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Jayapura Eymus Weya, beberapa waktu lalu. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top