Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Jayapura: Harus ada perhatian khusus pada anak usia sekolah

Potret anak-anak di sebuah kampung di Distrik Airu Kabupaten Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan semua pihak harus memberikan perhatian khusus kepada anak-anak usia sekolah. Hal ini dimaksud agar generasi saat ini tumbuh dengan baik dan tidak mudah terprovokasi dengan hal-hal yang merugikan dirinya secara khusus, tetapi juga mengganggu kepentingan banyak orang.

Menurutnya, kondisi bangsa saat ini dan secara khusus di daerah, aksi-aksi yang bersifat mengganggu layanan publik hingga berujung anarkis hampir sebagian besar dimotori oleh generasi muda.

“Saya tidak menuduh, tetapi kenyataan saat ini adalah anak muda lebih cepat dipengaruhi dengan hal-hal yang tidak menguntungkan dirinya sendiri,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Sabtu (12/10/2019).

Dikatakan, program 1000 hari kehidupan bagi anak adalah hal utama yang harus diperhatikan dengan baik.  Karena, dengan memberikan perhatian yang serius di awal sebelum anak itu dilahirkan, akan berdampak positif dalam kehidupannya ketika hadir di dunia.

Loading...
;

“Gizi yang baik sejak dalam kandungan hingga masa pertumbuhan, diberikan ruang dan kesempatan untuk belajar dan mengenal hal-hal yang bermanfaat baginya, sudah jelas anak akan bertumbuh dan berkembang dengan baik dan mampu menentukan cita-cita dan masa depannya,” ungkap Bupati Awoitauw.

Oleh sebab itu, lanjut Bupati Awoitauw, melalui program 1000 hari kehidupan awal bagi anak menjadi tanggung jawab pemerintah. Setiap ibu yang sedang dalam masa kehamilannya segera melaporkan ke puskesmas satau puskesmas pembantu (pustu) terdekat dan dikoordinasikan dengan pemerintah setempat untuk mendapat perhatian.

“Dinas yang bersangkutan, pemerintah kampung, petugas kesehatan di masing-masing kampung harus memperhatikan hal ini dengan serius. Sebab, alokasi dana kampung cukup besar untuk bidang kesehatan, secara khusus pelayanan kesehatan ibu dan anak,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie, mengatakan pihaknya selama ini terus memberikan perhatian serius kepada unit layanan kesehatan (yankes) secara rutin di setiap kampung.

“Secara khusus untuk pustu ada bidan dan perawat yang selalu siap di tempat. Kita juga telah menyuplai tenaga dokter spesialis, ahli gizi, dan juga dokter spesialis anak, serta dokter penyakit kulit yang siap melayani masyarakat di setiap kampung,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top