Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Jayapura: Kita juga beri bantuan pengungsi dari Wamena

Anak-anak yang sedang bermain di posko pengungsian IKM di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan Pemerintah Kabupaten Jayapura telah memberikan bantuan seadanya bagi para pengungsi dari Wamana yang datang pasca kerusuhan di Wamena (22/9/2019) lalu.

“Walaupun seadanya, kami sudah memberikan bantuan. Makanan, pakaian layak pakai, dan obat-obatan untuk digunakan selama masa pengungsian di sini,” ujar Bupati Awoitauw, di Sentani, Selasa (1/10/2019).

Dikatakan, dengan jumlah pengungsi yang hampir tembus angka 3.972 ini, pemerintah dan berbagai pihak termasuk TNI dan Polri berusaha memberikan tempat yang nyaman untuk sementara bagi mereka.

“Sudah ada sejumlah posko yang dibuka untuk menampung mereka. Ada di Lanud Silas Papare, Yonif 751 Raider Sentani, dan Rindam XVII Cenderawasih di Ifar Gunung. Ada juga ikatan-ikatan keluarga di sini yang langsung memberikan tempat sebagai posko penampungan,” jelasnya.

Loading...
;

Bupati juga mengatakan dengan jumlah yang akan terus bertambah bagi pengungsi dari Wamena ke Sentani, Pemerintah Kabupaten Jayapura mempercayakan TNI dan Polri di daerah ini untuk membantu dan melayani mereka. Tentunya dengan sanak keluarga dari para pengungsi ini.

“Pasti mereka tinggal sampai suasana aman dulu baru bisa balik ke Wamena. Kalau untuk kembali ke kampung mereka masing-masing, saya rasa itu sangat sulit. Karena mereka sudah terbiasa dengan kehidupan dan kerja mereka di sini,” ungkapnya.

Sementara itu, Mus Mulyadi, koordinator pengungsi masyarakat Minang Sumatra Barat, yang saat ini sudah membuka posko di Sentani, mengaku belum ada bantuan yang diterima sejak posko dibuka.

“Ada yang datang menawarkan diri secara pribadi untuk bungkuskan makanan bagi kami, tapi sejak tadi belum ada. Mungkin sedang dalam perjalanan, tetapi juga ada pihak lain yang baru saja menawarkan bantuan bagi kami. Yang dibutuhkan saat ini adalah pakaian layak pakai bagi anak-anak dan orang dewasa, makanan, serta obat-obatan,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top