Bupati Jayapura: Masyarakat adat yang harus beri penjelasan soal bencana

Bupati Jayapura: Masyarakat adat yang harus beri penjelasan soal bencana

Bupati Jayapura saat berdiskusi dengan Kapolres Jayapura – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Ibarat seorang tamu yang datang bartamu, dengan mengetok pintu, dan dipersilakan masuk oleh tuan rumah serta tinggal bersama dalam satu rumah itu. Hanya karena ada bencana dalam rumah tersebut, sang tamu pun disuruh pergi.

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan hal tersebut adalah tugas masyarakat adat untuk memberikan pemahaman kepada saudara-saudara kita yang tinggal di kawasan cagar alam. Bahwa kondisi yang terjadi saat ini merupakan bencana permanen yang sewaktu-waktu bisa mengancam jiwa mereka. Oleh sebab itu, kawasan tersebut harus dibersihkan dari semua aktivitas apapun.

“Tim geologi telah melakukan pemetaan dan menetapkan sejumlah titik yang benar-benar rawan bencana. Oleh sebab itu, tugas kami saat ini adalah melakukan pembersihan di kawasan cagar alam dan semua aliran sungai akan dinaturalisasi. Pemahaman ini yang juga harus disampaikan oleh masyarakat adat kepada masyarakat di kawasan cagar alam, limaratus meter dari kawasan penyangga sudah tidak ada aktivitas lagi,” ujar Bupati Awoitauw, di kantornya, Rabu (15/5/2019).

Sementara itu, Kapolres Jayapura, AKBP Vicktor Mackbon, mengatakan pihaknya telah didatangi oleh tiga kepala suku masyarakat pegunungan untuk berkoordinasi dan mencari solusi terkait rencana besar ini.

“Mereka sampaikan kepada kami, masuk di rumah ini juga dengan mengetuk pintu dan dipersilakan masuk oleh tuan rumah. Sekarang, apakah karena bencana ini mereka lalu diberikan opsi seperti begini. Harusnya mereka keluar juga melalui pintu yang awalnya kita masuk. Pada prinsipnya, saudara-saudara kita ini sangat bersedia. Hanya caranya yang harus dipikirkan oleh kita semua secara serius,” kata Kapolres Mackbon. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)