Bupati Jayapura: Relokasi untuk kebaikan warga terdampak banjir

Bupati Jayapura: Relokasi untuk kebaikan warga terdampak banjir

Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, saat wawancara di Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan relokasi warga yang terkena dampak banjir bandang beberapa waktu lalu, yang hingga saat ini masih di tempat pengungsian, adalah langkah yang terbaik untuk mengembalikan warga masyarakat kepada aktivitas mereka seperti semula.

Hal ini berkaitan dengan adanya keluhan sejumlah warga terkait tempat-tempat yang ditetapkan sebagai tempat relokasi.

“Mungkin itu mereka yang rumahnya tidak terlalu terdampak atau masih bisa dihuni kembali,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Selasa (11/6/2019).

Menurutnya, persoalan lokasi atau tempat yang digunakan, sudah ada kesepakatan dengan pemilik hak ulayat dan para tokoh adat setempat.

Sehingga, kata Bupati Awoitauw, Pemerintah Kabupaten Jayapura wajib melakukan relokasi ini untuk kepentingan masyarakat.

“Gunung Robonghollo sudah ditetapkan sebagai bencana permanen dan kawasan cagar alam sudah kami larang untuk dihuni atau beraktivitas, termasuk daerah penyangga yang dekat dengan aliran sungai akan kami normalisasi. Otomatis yang tinggal dekat sungai juga akan kami pindahkan,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Sekretaris Dewan Adat Suku (DAS) Sentani, Maurits Felle. Tempat yang digunakan saat ini, katanya, seperti pada lahan kosong di Kemiri untuk kepentingan masyarakat setempat.

“Kita pikirkan nasib masyarakat lebih dulu, harus ada tempat yang layak bagi mereka. Soal pengembangan ke depan akan dibicarakan kemudian. Sehingga masyarakat tidak berlama-lama di pengungsian, karena sebagian dari mereka ada yang aktif sebagai pegawai negeri, swasta, serta aktvitas lain yang dapat dikerjakan,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)