HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Jayapura: Tidak ada waktu lagi untuk diskusi, harus mulai aksi

Bupati Jayapura: Tidak ada waktu lagi untuk diskusi, harus mulai aksi

Bupati Jayapura didampingi perwakilan BNPB Pusat dan Dinas Kehutan Provinsi dalam rapat koordinasi mitigasi bencana – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan untuk penyelamatan kawasan cagar alam Robonghollo sudah tidak ada waktu lagi untuk berdiskusi, tetapi harus ada aksi untuk membersihkan kawasan cagar alam dari aktivitas masyarakat.

Rencana dan diskusi sudah klop, tinggal siapa berbuat apa dan di mana tempatnya. Sementara pemerintah kabupaten dan provinsi tinggal mengeluarkan SK bersama untuk aksi tersebut.

“Tokoh masyarakata adat, pemilik hak ulayat, pemerintah daerah, TNI, Polri, dan semua stakeholder sudah siap. Sekarang tidak lagi diskusi serta menyusun rencana yang panjang-panjang,” ujar Bupati Awoitauw, saat ditemui di Sentani, Kamis (16/5/2019).

Bentuk aksi yang akan dilakukan, kata Bupati Awoitauw, adalah melakukan penyisiran terhadap lokasi-lokasi yang terdampak langsung di kawasan cagar alam. Tetapi juga penentuan titik-titik pembuatan pos pengawasan bersama yang akan dibantu oleh tim Dinas Kehutanan Provinsi Papua dan BKSDA.

“Kita tidak bisa menunggu, kawasan ini sudah ditetepkan sebagai kawasan bencana permanen. Upaya kita saat ini untuk mengantisipasi bencana susulan yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Selain itu juga tetap menjaga eksistensi kawasan cagar alam kita,” katanya.

Sebagai bentuk dukungan, Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay, yang juga sebagai pemilik hak ulayat di kawasan cagar alam Robonghollo menyatakan sikap akan mengumpulkan semua para tua-tua adat dan kepala suku untuk membuat satu pernyataan sikap tegas terhadap perlindungan kawasan cagar alam.

“Sebenarnya adat itu tidak tersurat tetapi tersirat. Apa yang dikatakan oleh seorang ondofolo harus dilakukan. Jadi sejak awal sudah kami sampaikan hal ini berulang kali kepada pemerintah daerah. Tetapi, agar lebih jelas, sebuah pernyataan sikap tegas akan kami buat dan disampaikan kepada pemerintah dalam waktu dekat ini,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)