Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Merauke kembali tegaskan kepala kampung tak bisa lagi cairkan uang di kota

Bupati Gebze menyerahkan bantuan kepada warga saat peluncuran PKH di Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Bupati Merauke, Frederikus Gebze, kembali menegaskan  bahwa para kepala kampung tak lagi diizinkan melakukan pencairan dana desa di kota. Nanti pemerintah akan mengatur dengan melakukan komunikasi dengan pimpinan bank agar dibuka cabang di tingkat distrik.

“Saya minta agar diberikan laporan distrik mana yang belum memiliki bank. Sehingga dapat dikoordinasikan bersama pimpinan bank di sini untuk segera dibuka cabang di sana. Tujuannya agar pelayanan kepada masyarakat lebih cepat,” kata Bupati Freddy kepada wartawan, Jumat (5/7/2019).

Selain itu, lanjut bupati, agar kepala kampung tidak harus membuang waktu untuk ke kota.

“Jadi, kalau sudah ada bank di setiap distrik, tidak ada alasan lagi kepala kampung ke kota. Ini penegasan yang harus dilaksanakan,” tegasnya.

Loading...
;

Dalam kesempatan itu, Bupati Freddy minta kepada kepala distrik maupun kepala kampung agar ketika ada bantuan yang akan diserahkan pemerintah, masyarakat harus berada di kampung.

“Jangan sampai petugas ke kampung, masyarakat sedang ke dusun mencari nafkah. Padahal bantuan dimaksud harus diterima tanpa diwakili,” ungkapnya.

Ditambahkan, banyak dana dikucurkan, termasuk dari masing-masing satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkungan pemerintah setempat. Olehnya harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Lalu harapannya agar dinas terkait perlu melakukan monitoring serta pendampingan secara kontinu.

Kepala Badan Pemerintahan Kampung dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Merauke, Albert Rapami, menambahkan pihaknya telah mendapatkan petunjuk dari bupati agar ke depan pencairan dana dapat dilakukan di distrik bahkan di kampung sehingga aparat kampung tak harus ke kota.

“Memang ada sejumlah distrik belum memiliki bank, sehingga kepala kampung masih diberikan kesempatan melakukan pencairan dana di kota. Tetapi kalau sudah ada bank di sana, otomatis mereka tetap berada di sana,” ujarnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top