Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Bupati Nabire turun kampung di Distrik Makimi

Bupati Isaias Douw saat memberikan kunci traktor tangan kepada tiga orang petani, dalam turun kampung di distrik Makimi – Jubi/Titus.

Nabire, Jubi – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nabire melakukan kunjungan kerja atau turun kampung yang diikuti oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Rencananya, akan mengunjungi 13 Distrik .

Turun kampung diawali di Distrik Wanggar dan Distrik Nabire Barat dan tahap ketiga mengunjungi Distrik Makimi pada Selasa, (25/06/2019) dan selanjutnya akan ke distrik lainnya.

Turkam dihadiri oleh Para kepala Bagian, kepala OPD, Kapolsek Makimi dan Babinsa setempat. Diikuti oleh perangkat distrik, perangkat kampung dan warga yang hadir di kantor Kampung Lagari 3.

Pertemuan diawali dengan sambutan yang disampaikan oleh Kepala Distrik Makimi, Fransiskus Douw. Dia meminta kepada masyarakat dan aparat pemerintahan di wilayah kerjanya, untuk dapat menyampaikan saran dan usul serta aspirasi kepada Pemkab.

“Silahkan menyampaikan aspirasi kepada Bupati, sebab di sini bupati bersama perangkatnya yaitu OPD, sehingga mereka dengar langsung apa yang diusulkan dari masyarakat,” ujarnya.

Loading...
;

Fransiskus Douw juga menyampaikan kepada Pemkab dan OPD, bahawa ada banyak usulan pembangunan dari berbagai bidang. Namun pemerintahan distrik dan kampung tidak bisa memenuhi semua aspirasi. Sehingga, ada usulan yang dinaikan melalui Musrembang distrik.

“Usulan – usulan itu adalah yang tidak mampu dibiayai oleh oleh dana kampung, maka kami minta Pemkab melalui OPD untuk dapat memperhatikan usulan – usulkan warga,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Nabire, Isaias Douw mengatakan program turun kampung itu dilakukan tiap tahun untuk melihat dari dekat, segala aspek dan perkembangan di distrik. Sekaligus merupakan evaluasi dan menampung aspirasi langsung dari masyarakat untuk kepentingan perencanaan pembangunan pada tahun berjalan dan tahun berikutnya.

“Kita adakan turun kampung untuk melihat sejauh mana perkembangan pembangunan di Distrik, tapi juga menerima aspirasi masyarakat untuk perencanaan pembangunan ke depannya,” ujar Isaias.

Untuk itu, Bupati Isaias memintah kepala para kepada Oraganisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ikut dalam rombongan turkam untuk mendengar berbagai aspirasi dan memprogramkan yang diusulkan dari masyarakat. Agar ditindaklanjuti tahun ini dan tahun depan.

Juga kepada para kepala kampung di distrik Makimi agar dapat menggunakan dana kampung sebaik mungkin untuk kepentingan pembangunan, sesuai dengan Juknis yang ada. Dimana 30 persen untuk operasional kampung dan 70 persen untuk pembangunan kampung yang dilaksanakan sesuai hasil musyawarah bersama.

“Saya minta kepala OPD untuk memerhatikan dan menindak lanjuti aspirasi masyarakat nanti. Dan kepada kepala – kepala kampung untuk dapat mempergunakan dana kampung sebagaimana mestinya,” harap Isaias.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Isaias menghadiakan tiga buah traktor tangan kepada tiga orang petani dan enam buah lampu bertenaga air garam kepada enam orang ibu – ibu. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top