Caleg dari sejumlah kabupaten di Papua datang mengadu ke MRP

Caleg dari sejumlah kabupaten di Papua datang mengadu ke MRP

Perwakilan para caleg saat menyerahkan aspirasinya ke ketua MRP – Jubi/David Sobolim

Jayapura, Jubi- sejumlah calon legislatif dari beberapa kabupaten di Provinsi Papua mengadu ke Majelis Rakyat Papua (MRP).

Mereka datang dari Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Jayawijaya, Keerom, Jayapura dan Kota Jayapura. Untuk mengadu ke MRP agar dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan meminta jumlah DPRD lebih banyak dari OAP tetapi dalam pemilihan ini terjadi sebaliknya.

“Hak politik kami dirampas melalui pemilihan berketok demokrasi,” kata Jack Puraro dari Pemuda Peduli Demokrasi Kabupaten Jayapura, Senin (20/5/2019) .

Dia mengatakan, di Kabupaten Jayapura yang terpilih dan mendapatkan suara terbanyak adalah non OAP dengan 18 kursi dan 7 kursi OAP.

“Penguasaan, penindasan serta pengambilan hak politik sekarang terjadi dalam Pemilu kali ini, dengan berkedok demokrasi untuk menghancurkan orang asli Papua,” kata dia.

Untuk itu pihaknya meminta proses penetapan dibatalkan dan dilakukan pemilihan suara ulang. Khususnya bagi daerah yang hak sulungnya diambil oleh orang orang luar.

“MRP sebagai lembaga kultural dan representasi orang Papua punya hak untuk intervensi KPU, Bawaslu. Untuk menghentikan proses penetapan dan dilakukan PSU,”kata dia.

Ketua MRP Timotius Murib dalam pertemuan dengan sejumlah caleg mengatakan, MRP akan berjuang bersama dengan rakyat untuk mendapatkan hak sebagai warga negara.

“ Kami akan mengikuti waktu KPU, jadi meminta kepada Caleg untuk kumpul data- data dan meminta kepada MK untuk membatalkan pleno KPU di Papua yang bermasalah,”.

Sebelum ke MK pihak MRP akan bertemu dengan seluruh Bawaslu, KPU di kota dan kabupaten di Papua untuk menanyakan terkait kecurangan dan penggambilalihan hak politik OAP. Dan jika terjadi kecurangan maka MRP meminta kepada MK untuk menghentikannya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)