Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Capaian imunisasi Polio di Papua 93 persen

Ilustrasi imunisasi di Papua – Jubi. Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, Aloysius Giyai menyatakan capaian imunisasi polio di Papua hingga Oktober 2019, mencapai 93 persen. Hal tersebut disampaikan Aloysius Giyai usai rapat mitra dengan Komisi V DPR Papua di salah satu ruang rapat DPR Papua, Selasa (22/10/2019).

“Kami sampaikan terkait tinggal selangkah lagi Papua capai imunisasi PIN polio 95 persen. Daerah yang mayoritas belum dilakukan PIN polio yakni Kabupaten Nduga. Persentasenya masih di bawah 20 persen,” kata Aloysius Giyai.

Menurutnya, jika saja imunisasi polio di Nduga persentasenya bisa dinaikkan, akan berdampak pada persentase capaian imunasasi polio di Papua secara keseluruhan.

“Ini mempengaruhi akumulasi persentase secara keseluruhan. Kalau Nduga bisa naik, capaian polio di Papua bisa mencapai 100 persen,” ujarnya.

Loading...
;

Terkait daerah di Papua yang pelayanan kesehatan di 29 kabupaten/kota di Papua dalam beberapa tahun terakhir katanya, terjadi penurunan persentase 50 persen.

Pada 2014 lalu, sebanyak 16 kabupaten yang mendapat rapor merah dalam pelayanan kesehatan, kini tersisa delapan kabupaten yakni Nduga, Yahukimo, Intan Jaya, Deiyai, Dogiyai, Puncak, Mamberamo Raya, Waropen.

Awalnya Kabupaten Mameramo Tengah, Paniai, Lanny Jaya, Yalimo, Pegunungan Bintang, Sarmi, dan Puncak Jaya juga mendapat raport merah. Tapi kini kabupaten itu sudah mendapat peringkat tanda kuning.

“Bahkan Mamberamo Tengah dengan lima Puskesma yang mudah dijangkau, kini sudah mendapat tanda hijau. Kami menilai dari 50 indikator pelayanan kesehatan sesuai standar Kementerian Kesehatan,” ucapnya.

Salah satu daerah di Papua yang telah melaksanakan imunisasi dasar lengkap kepada masyarakatnya adalah Kabupaten Jayapura.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Jayapura, Khairul Lie belum lama ini mengatakan, capaian imunisasi dasar di wilayah itu sudah diangka 95 persen.

“Meski angka cakupan capaian dasar imunisasi lengkap di Kabupaten Jayapura terbaik di Papua, kami tetap melakukan imunisasi rutin berupa pemberian vaksin polio terhadap anak sebagai langkah pencegahan penularan,” kata Khairul Lie. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top