Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Cegah Karhutla di Papua Barat, pegiat lingkungan pantau lahan gambut

Aktivis Pantau Gambut Papua, Zainudin Patta, saat menyerahkan data overview Gambut kepada Kabid kedaruratan dan logistic BPBD Papua Barat, Marhtina Wospakrik, di kantor BPBD Papua Barat. (Jubi/dokumentasi pribadi).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Manokwari, Jubi – Pegiat lingkungan di Papua Barat melakukan pencegahan awal terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang sedang melanda sebagian daerah di Indonesia.

Langkah awal telah dilakukan oleh jaringan pantau gambut Papua, dengan menyerahkan data overview lahan gambut di wilayah Papua Barat kepada Pemerintah melalu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Papua Barat.

Zainudin Patta, aktivis pantau gambut Papua mengatakan pemberian data overview gambut kepada Pemerintah dilakukan sebagai salah satu langkah pencegahan terhadap aktivitas perusahaan maupun kegiatan masyarakat dalam skala besar yang bersentuhan langsung dengan lahan gambut di Papua Barat.

“Kami berharap pemerintah melalui istansi terkait dapat mengunakan data overview gambut Papua Barat sebagai panduan untuk mencegah tidak terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan di Bumi Papua Barat,” ujar Zainudin kepada Jubi di Manokwari, Kamis (19/9/2019).

Loading...
;

Di tempat terpisah, Yohanes Akwan, koordinator pantau Gambut Papua mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi dengan Pantau Gambut Nasional untuk  menyiapkan data tentang hasil analisa  jaringan pantau Gambut Nasional periode 2015/2019.

“Hasil analisa kami diantaranya, sebaran gambut yang dibedakan jadi FEG lindung dan budidaya; Adanya burnscar di wilayah gambut Papua Barat; Sebaran konsesi dengan dua variabel (di atas gambut dan di atas gambut yang feg lindung); Historis titik panas dari tahun 2015-2019 di wilayah Papua Barat (1 Juli – 15 September); Sebaran kemunculan titik panas di tahun 2019 (1 Januari – 15 September 2019),” ujarnya.

Sementara itu, Marthina Wospakrik, Kepala Bidang Kedaruratan Dan Logistik BPBD Papua Barat mengatakan data tersebut akan digunakan sebagai referensi dalam pengawasan titik-titik rawan kebakaran lahan gambut di Papua Barat.

“Data ini akan sangat membantu kami, dalam pelatihan kepada relawan BPBD di wiayah lahan gambut tapi juga sebagai referensi untuk pengawasan titik rawan kebakaran hutan di Papua Barat khususnya lahan gambut,” katanya.

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top