Cegah makanan tak layak beredar, BPOM Jayapura gelar sidak di Biak Numfor

Cegah makanan tak layak beredar, BPOM Jayapura gelar sidak di Biak Numfor

Ilustrasi Sidak BPOM Jayapura – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Biak,   Jubi – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jayapura menggelar sidak makanan dan minuman untuk memastikan makanan yang dikonsumsi masyarakat aman. Koordinator Tim BPOM Jayapura, Minarto mengatakan, BPOM melakukan pemeriksaan sampel makanan dan minuman takjil buka puasa yang dijual di kampung Ramadhan Kabupaten Biak Numfor.

“Pemeriksaan sampel makanan takjil bertujuan untuk menjamin kelayakan serta bebas bahan berbahaya karena akan dikonsumsi warga,” ucap Koordinator Tim BPOM Jayapura, Minarto SF,Apt di Biak, Rabu (15/5/2019).

Minarto mengakui berdasarkan hasil pemeriksaan tak ditemukan kandungan bahan berbahaya dalam makanan yang dijual pedagang.

Ia mengajak semua pedagang takjil buka puasa untuk menyajikan makanan yang sehat dan bebas bahan berbahaya sehingga dapat dikonsumsi warga dengan nyaman saat berbuka puasa.

Selain pemeriksaan makanan takjil pihak petugas gabungan BPOM Jayapura, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Kesehatan serta Satuan Reserse Narkoba Polres Biak Numfor juga memeriksa bahan pangan yang dijual di pasar Biak dan toko.

“Sampai saat ini hasil pemeriksaan kami di Biak belum menemukan bahan pangan yang mengandung formalin, zat pewarna, boraks serta bahan berbahaya lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Biak AKP Mika Rumbrapuk membenarkan tak ada bahan pangan yang dijual pada pasar Ramadhan mengandung bahan berbahaya.

“Kami berharap semua pedagang yang menjual makanan takjil buka puasa memperhatikan faktor kelayakan pangan yang sehat dan tidak menggunakan bahan berbahaya,” kata Mika Rumbrapuk.

Aktivitas penjualan makanan takjil buka puasa di pasar Ramadhan Biak hingga Rabu ini tampak lancar dan ramai diburu pembeli untuk memenuhi kebutuhan berbuka puasa. (*)

 

Editor      : Edho Sinaga

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)