Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Cegah surat suara tidak sah, KPU Papua giat sosialisasi Pilkada satu paslon

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Jayapura, Jubi – Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), sebagai salah satu ujung tombak suksesnya Pilkada Kota Jayapura, terus diberikan bimbingan teknis tentang tata cara pencoblosan pilkada satu pasangan calon.

Bimtek yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Papua, sebagai penyelenggara Pilkada kota Jayapura, dihadiri ratusan anggota KPPS kota Jayapura di Gedung Olahraga (GOR) Waringin, Kotaraja, Distrik Abepura, pada Senin (6/2/2017) kemarin.

Ketua KPU Papua Adam Arisoy mengatakan KPPS harus jelas lebih dulu tentang pilkada satu pasangan calon ini sebelum menginformasikan kepada pemilih nanti.

“Kami beritakan tentang tata cara pencoblosan dan makna coblos pada kolom kosong atau kolom bergambar. Hal ini penting untuk mencegah tingginya jumlah suara tidak sah,” kata Adam Arisoy saat ditemui Jubi di sela-sela kegiatan, kemarin.

Loading...
;

Adam juga mengatakan pihaknya menegaskan agar setiap anggota KPPS itu cermat dalam melakukan administrasi data pemilih.

“Kita juga memberikan penekanan kepada KPPS untuk cermat dalam pengadministrasian data pemilih. Pengecekkan tanda tinta pada jari pemilih yang akan menggunakan hak pilih, hal ini untuk mengantisipasi pemilih menggunakan hak pilih sebanyak dua kali,” jelasnya.

Berdasarkan Undang-undang nomor 10 Tahun 2016, pasal 54 c ayat 2, pemilihan satu pasangan calon dilaksanakan dengan menggunakan surat suara yang memuat dua kolom. Terdiri atas satu kolom yang memuat foto pasangan calon dan satu kolom kosong yang tidak bergambar.

Artinya, dengan menusuk kolom bergambar, pemilih itu mendukung paslon BMT-Harus menjadi wali kota dan wakil wali kota Jayapura periode 2017-2022. Sebaliknya, bagi pemilih yang menolak, diakomodir haknya dengan menusuk kolom tanpa gambar.

Selain itu, Sekertaris KPU Papua Virgo Salosa mengatakan pihaknya juga memberikan penjelasan tentang berita acara pemungutan dan penghitungan suara ditempat pemungutan suara dalam pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Wali Kota tahun 2017.

“Kami juga melakukan sosialisasi seputar tahapan sosialisasi dan pungut hitung kepada KPPS di distrik Abepura,” katanya, Selasa (7/2/2017).

Sebagai informasi, Daftar Pemilih Tetap (DPT) penduduk kota Jayapura dalam Pilkada serentak 2017 tercatat sebanyak 308.775 pemilih. (*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top