Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Cuaca buruk jadi penyebab harga ikan melambung di Pasar Pharaa

Suasana tempat penjualan ikan di Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura – Jubi/Arjuna Pademme

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Hujan dan angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Papua dalam beberapa pekan terakhir berdampak pada melambungnya harga ikan di beberapa pasar tradisional.

Salah satunya di Pasar Pharaa Sentani, Kabupaten Jayapura. Harga ikan jenis ekor kuning yang biasanya berkisar Rp 150 ribu, kini melambung hingga Rp 150-170 ribu.

Salah satu pedagang ikan di Pasar Pharaa Sentani, Abdul Asdar (28 tahun) mengatakan, melambungnya harga ikan sudah terjadi sejak beberapa pekan terakhir.

Loading...
;

“Sulit dapat ikan sekarang ini. Pasokan dari nelayan minim, karena angin dan tingginya gelombang laut,” kata Asdar kepada Jubi, Senin (4/2/2019).

Menurutnya, hampir semua jenis ikan laut mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, berkisar antara 50 hingga 70 persen.

“Misalnya ikan cakalang yang semula seharga Rp 80-100 ribu, kini berkisar Rp 140-150 ribu,” ujarnya.

Katanya, tidak jarang para pembeli mempertanyakan penyebab melambungnya harga ikan kini kepada para pedagang, dan dijawab sesuai kondisi yang ada sekarang.

“Kalau jenis ikan air tawar harganya masih relatif normal. Hanya ikan laut saja yang sekarang harganya lagi mahal,” ucapnya.

Seorang pembeli di Pasar Pharaa, Kriseni Niola mengatakan lantara harga ikan laut kini melambung, ia memilih membeli ikan air tawar.

“Kalau ikan air tawar misalnya mujair atau gabus, harganya masih stabil. Rp 100 ribu sudah dapat dua hingga tiga ekor ikan gabus atau mujair yang ukuran lumayan besar,” kata Kriseni. (*)

 

Reporter         : Arjuna Pademme

Editor              : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top