Daerah ini dorong budaya literasi siswa

Daerah ini dorong budaya literasi siswa

Ilustrasi,pixabay.com

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Sidoarjo, Jubi – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur, mendorong siswa setempat senantiasa meningkatkan budaya literasi. Dorongan itu dilakukan melalui berbagai kegiatan, di dalam dan luar kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Salah satunya juga dengan belajar jurnalistik, karena bisa meningkatkan daya membaca seseorang,” kata  Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo, Asrofi, di sela kegiatan Ngaji jurnalistik bareng di Auditorium SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo, kamis (16/2/2019).

Berita terkait : Menumbuhkembangkan budaya literasi bagi ASN di Papua

Ayo belajar literasi di lapangan Auditorium Uncen

Facebook gandeng Tirto.id lakukan literasi digital

Asrofi menyatakan literasi sangat dibutuhkan masyarakat, sedangkan penulis orang yang cerdas, di samping juga sebagai orang yang pandai dan pintar.

“Era sekarang diubah semuanya menjadi cerdas, seperti pekerjaan seorang guru yang tidak memberitahu materinya secara detail, supaya siswa mencari tahu sendiri, melalui buku internet,” kata Asrofi menambahkan.

Menurut Asrofi, literasi menjadikan siswa bijak dalam menggunakan media sosial, apa lagi dalam rangka menghadapi era 4.0 seperti sekarang ini.

Baca juga : Guru SD Lanny Jaya dilatih berliterasi matematika

CRC mengajak dan memanjakan publik Papua berliterasi

Tingkatkan literasi keuangan generasi milenial, OJK gencarkan sosialisasi di sekolah

Ketua PWI Kabupaten Sidoarjo, Abdul Rouf, mengatakan telah kegiatan Ngaji jurnalistik bareng para siswa. Sedangkan peserta yang mengikuti kegiatan itu berasal dari 12 sekolah setingkat SMA yang ada di Kabupaten Sidoharjo.

“Siswa yang ikut Ngaji Bareng ini adalah pelajar yang biasa menjadi ‘wartawan’ di sekolah masing-masing,” kat Abdul Rouf .

Menurut Rouf ada beberapa narasumber yang menjadi inspirator dalam kegiatan tersebut, di antaranya dari Kanwil DJP Jatim II yang memberikan materi tentang pengenalan pajak secara dini kepada siswa.

Selain itu dari media cetak, televisi dan online, serta dari ‘Bait Kata Library’ yang membantu motivasi para siswa meningkatkan literasi mereka. (*)

Editor : Edi Faisol

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)