Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Daerah ini menggelar kolaborasi “Turonggo Yakjazz”

Ilustrasi tarian penjemputan tamu adalah bagian yang dipersiapkan pada masing-masing Kampung Destinasi Wisata. Jubi / Engel Wally.

“Manampilkan sejumlah kelompok seni jazz lokal setempat yang kreatif dan apik,”

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Trenggalek, Jubi – Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menggelar pertunjukan kolaborasi seni budaya “Turangga YakJazz”. Pertunjukan itu untuk mengenalkan kesenian jaranan Turangga Yaksa melalui seni modern musik jazz, di Pendopo Manggala Praja, Trenggalek, Sabtu, (7/12/2019).

“Acara itu manampilkan sejumlah kelompok seni jazz lokal setempat yang kreatif dan apik,” kata Ketua Dekranasda Kabupaten Trenggalek, Novita Hardini Mochamad, sabtu, (7/12/2019).

Baca juga : Ada pagelaran musik dan tari kerukunan Biak di Nabire

ISBI Tanah Papua – Kemendikbud akan gelar workshop musik dan tari Musik tradisional Papua hampir terlupakan

Loading...
;

Menurut Novita, pementasan kolaborasi budaya lokal dan musik modern itu sebagai upaya promosi daerah. “Dikemas melalui kegiatan seni budaya, karena budaya sangat mudah diterima dan dikenal oleh masyarakat,” kata Novita menambahkan.

Menurut Novita, Turonggo Yakjazz lahir dari ide kreatif beberapa organisasi, yang ingin mengkolaborasikan Turonggo Yakso khas Trenggalek dengan musik jazz. Ia berharap pendekatan seni budaya itu mampu menyampaikan pesan budaya bisa cepat ditangkap oleh masyarakat, sekaligus sebagai ajang hiburan masyarakat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Trenggalek, Sunyoto, menyatakan Turonggo Yakjazz sebagai penampilan kreatif yang menunjukan kesenian tidak boleh mati.

“Kreativitas harus tetap terus berjalan seperti mengkolaborasikan musik jazz dengan kesenian khas Trenggalek, yakni jaranan Turonggo Yakso,” kata Sunyoto.

Menurut dia, acara itu merupakan yang pertama kalinya dan satu satunya yang ada karena Turonggo Yakso milik Trenggalek.

“Kami ingin mengenalkan Turonggo Yakso kepada khalayak yang lebih luas lagi melalui musik jazz. Sebagaimana kita ketahui musik jazz ini sudah mendunia dan ada di mana-mana,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top