Dalam dua tahun, 12 puskesmas dibangun di distrik

Dalam dua tahun, 12 puskesmas dibangun di distrik

Salah satu Puskesmas di Rimba Jaya yang diresmikan Bupati Merauke, Frederikus Gebze tadi pagi – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke, dr. Adolf Bolang mengungkapkan, sebanyak 12 puskesmas dibangun selama tahun 2017 sampai 2018. Dari jumlah tersebut, sembilan telah selesai dan tiga lainnya masih dalam tahap pengerjaan.

Kalau pekerjaan tak diselesaikan, tegas dia, kontraktor bersangkutan didenda sekaligus diblack list. “Apalagi kita juga sudah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” kata Bolang kepada sejumlah wartawan Jumat (24/5/2019).

Pada 2017, terdapat empat puskesmas dibangun di Distrik Naukenjeray, Sota, Bupul serta Ulilin. Sedangkan tahun 2018 yakni Puskesmas Rimba Jaya, Kuprik, Kumbe, Muting serta Waan.  Sedangkan tiga lain masih berproses yakni Kaptel, Tubang serta Jagebob.

Anggaran pembangunan setiap puskesmas berbeda-beda, tergantung luas bangunan maupun jangkauan wilayahnya.

“Saya contohkan saja, Puskesmas Waan, karena topografi wilayah jauh, maka angggarannya mencapai Rp 11 miliar,” ungkapnya.

Selain puskesmas dibangun, juga dua unit rumah bagi  tenaga medis maupun dokter. Sehingga petugas bisa tinggal dan memberikan pelayanan kepada masyarakat secara rutin tiap hari.

Dia mengaku dengan adanya puskesmas baru yang dibangun, jumlah kunjungan pasien mengalami peningkatan. Ini berarti telah ada kesadaran masyarakat memanfaatkan fasilitas yang dibangun.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Tarsisius Awi meminta agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat, harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu.

“Sebagai dewan kita mendukung langkah pemerintah membangun puskesmas, namun diharapkan juga agar jumlah tenaga medis mencukupi dan selalu berada di tempat tugas,” pintanya.  (*)

Editor      : Angela Flassy

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)