Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Damri Trayek Nabire-Paniai manfaatkan armada lama

Bus Damri di Nabire – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Perum Damri mengerahkan armada lama untuk melayani angkutan perintis rute Nabire-Paniai. Armada baru yang semula disiapkan untuk rute tersebut akan digunakan sebagai angkutan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

“Busnya sudah ada, tetapi sementara akan difungsikan untuk kegiatan PON XX. Setelah itu, baru diserahkan kepada Nabire,” kata Kepala Kantor Damri Cabang Nabire Pieters J Wally, Jumat (29/11/2019).

Armada Damri saat ini sebanyak 18 bus di Nabire, tetapi hanya 13 bus yang beroperasi. Lima bus lain kondisinya rusak berat.

Wally memastikan akan mengatasi permasalahan tersebut sehingga trayek Nabire-Paniai tetap bisa beroperasi mulai tahun depan. Kebijakan itu telah menjadi keputusan perusahaan maupun Departemen Perhubungan.

“Sudah ada Surat Keputusan Direktur Jenderal Perhubungan Darat (mengenai layanan angkutan perintis Nabire-Paniai). Mau-tidak mau, perintah itu harus dilaksanakan,” jelas Wally.

Loading...
;

Damri berencana membuka trayek baru yang melayani rute Nabire-Paniai pada tahun depan. Sebanyak dua bus disiapkan sebagai angkutan penumpang. Sebanyak satu bus memulai perjalanan dari Nabire, sedangkan satu lagi memulainya dari Paniai secara bergiliran.

“Pembukaan trayek Nabire-Paniai merupakan progam dari Kementerian Perhubungan, dan Damri untuk mengembangkan jangkauan pelayanan di wilayah Meepago. Rencananya, juga bakal dibuka trayek ke Dogiyai, tetapi belum direspon pemerintah setempat,” lanjut Wally.

Anggota DPR Papua John NR Gobai sebelumnya mengklaim turut mengupayakan pembukaan trayek Nabire-Paniai. Klaim itu dibenarkan Wally. Gobai, katanya ikut melobi dan meyakinkan Pemerintah Kabupaten Dogiyai mengenai pembukaan trayek rintisan ke daerah tersebut.

“Saya juga ikut melobi Manager Damri area Papua dan Papua Barat di Jayapura. Pembukaan trayek Damri itu untuk memenuhi kebutuhan warga. Angkutan umum lintas kabupaten saat ini sangat mahal sehingga sulit dijangkau masyarakat,” kata Gobai, saat dihubungi kembali melalui telepon. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top