Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dana Kampung Tahap Pertama Ditargetkan Cair Akhir Maret

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Kampung Kota Jayapura, Jacobus Itaar – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dinas Pemerintahan Masyarakat Kampung Kota Jayapura tengah mempercepat penyusunan dokumen Surat Pertanggungjawaban Dana Kampung 2018 oleh perangkat kampung. Jika seluruh dokumen itu selesai tepat waktu, Dana Kampung 2019 tahap pertama akan dicairkan bagi setiap kampung di Kota Jayapura pada Maret.

Kepala Dinas Pemerintahan Masyarakat Kampung (DPMK) Kota Jayapura, Jacobus Itaar menyatakan pihaknya terus mendorong perangkat kampung di Kota Jayapura merampungkan Surat Pertanggungjawaban Dana Kampung 2018. “Sesuai dengan aturannya, dokumen pertanggungjawaban Dana Kampung 2018 disusun oleh perangkat kampung. Kami terus mendorong dokumen itu cepat diselesaikan, agar Dana Kampung 2019 tahap pertama bisa segera dicairkan,” kata Itaar di Jayapura, Kamis (28/2/2019).

Total nilai Dana Kampung 2019 bagi 14 kampung di Kota Jayapura mencapai Rp115 miliar. Jumlah yang diterima setiap kampung bervariasi antara Rp7 miliar hingga Rp12 miliar, disesuaikan dengan luas wilayah dan beban kerja perangkat kampung. “Dana Kampung 2019 akan dicairkan dalam tiga tahap. Nilai pencairan tahap pertama pada Maret adalah 20% dari total nilai yang dialokasikan untuk setiap kampung. Pencairan tahap kedua dan ketiga masing-masing 40% dari total nilai dana setiap kampung,” kata Itaar.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Aset Daerah (BPKAD) Kota Jayapura, Adolf Siahay mengatakan, syarat utama agar dana kampung bisa disalurkan adalah menyerahkan dokumen rancangan pekerjaan masing-masing, dan surat pertanggungjawaban dana kampung periode sebelumnya. “Saya menghimbau SPJ dana kampung tahap ketiga 2018 diselesaikan Februari atau Maret 2019,” ujarnya.

Loading...
;

Menurut Siahay, dana yang tersalurkan ke kampung bersumber dari dana pusat, DAU Kota Jayapura, dan dana pendapatan bagi hasil pajak retribusi daerah.”Kalau sudah tuntas pelaporan tahap ketiga maka dana kampung tahap pertama sudah bisa dicairkan sehingga proses pembangunan di kampung bisa dilaksanakan,” jelasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top