HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dana Otsus Papua 2019 akan segera cair

Sekretaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen. – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Setelah tertunda-tunda selama berbulan-bulan, pencairan Dana Otonomi Khusus atau Dana Otsus Papua tinggal menunggu waktu. Sekretaris Daerah Provinsi Papua Hery Dosinaen menyatakan pihaknya yakini pemerintah pusat akan segera mentransfer Dana Otsus Papua kepada Pemerintah Provinsi Papua.

Hal itu dinyatakan Hery Dosinaen di Jayapura, Kamis (18/7/2019). “Kemarin Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Papua telah melaporkan, perjuangan untuk [mencairkan] Dana Otsus [yang kami lakukan di] Kementerian Keuangan sudah selesai. Mudah-mudahan [Dana Otsus Papua] bisa segera ditransfer,” kata Dosinaen.

Setelah diterima Pemerintah Provinsi Papua, demikian menurut Dosinaen, Dana Otsus Papua itu akan langsugn didistribusikan kepada pemerintah kabupaten/kota di Papua, agar kegiatan pembangunan bisa segera dilaksanakan. “Harapannya, [proyek] dan program yang pembiayaannya bersumber dari Dana Otsus bisa segera dijalankan [pemerintah kabupaten/kota],” ujarnya.

Dosinaen menyatakan pencairan Dana Otsus Papua nantinya akan meningkatkan tingkat penyerapan anggaran oleh Pemerintah Provinsi Papua. Hingga saat ini, Pemerintah Provinsi Papua baru menyerap 32 persen dari total anggaran dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Provinsi Papua.

Loading...
;

“Belum cairnya dana Otsus juga mempengaruhi daya serap anggaran. Kami optimistis daya serap anggaran akan terus meningkat,” katanya.

Pada 2019, pemerintah pusat akan mengucurkan Dana Otsus senilai senilai Rp5,850 triliun bagi Provinsi Papua. Sementara Pemerintah Provinsi Papua Barat akan menerima kucuran Dana Otsus senilai Rp2,507 triliun.

Selain itu, pemerintah juga akan mengucurkan  dana tambahan Otsus bidang infrastruktur senilai Rp2,824 triliun kepada Provinsi Papua. Pemerintah Provinsi Papua Barat juga kebagian dana tambahan Otsus senilai senilai Rp1,440 triliun.

Sebelumnya, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan Pemerintah Provinsi Papua akan memakai dana tambahan Otsus bidang infrastruktur untuk membiayai pembangunan sejumlah venue atau arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Hal itu disampaikan Musa’ad di Jayapura pada Senin (8/7/2019).

“Dari besaran dana tambahan Otsus yang [senilai Rp2,824 triliun itu], sejumlah 38 persen [akan digunakan untuk membiayai pembangunan arena pertandingan PON XX Papua]. Ini sudah melalui pembahasan bersama pemerintah pusat, bahkan telah disetuji kementerian terkait,” kata Musa’ad.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top