Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

DAP: perjuangan rakyat Papua utamakan ilu pengetahuan, bukan senjata

 

Ilustrasi pengibaran bendera Bintang Kejora. dok/Jubi

Jayapura, Jubi – Otoritas Dewan Adat Papua (DAP) mengimbau Pemerintah Indonesia tidak menggunakan kekerasan bersenjata, menghadapi kehendak rakyat Papua yang ingin menentukan nasib sendiri.

“Revolusi hari bukan revolusi masa lalu tetapi revolusi hari ini revolusi ilmu pengetahuan,”ungkap Dominikus Surabut ketua Dewan Adat Papua kepada jurnalis Jubi pada (2/2/2019)

Dia mengatakan perjuangan rakyat Papua melalui lembaga politiknya, ULMWP hari ini, mengutamakan ilmu pengetahuan. Pengetahuan sejarah politik, hukum dan kebudayaan yang terus berubah sebagai peluru senjata perjuangan.

“Jadi kalau Wakil Presiden Indonesia Jusuf Kalla bilang perang, itu bukan zamannya lagi,”ujar Surabut.

Loading...
;

Surabut mengatakan itu sebagai responnya atas pernyataan wakil presiden Indonesia, Jusuf Kalla, yang sempat melontarkan pentingnya pendekatan militer untuk mengahiri pemberontakan di Papua.

“Kalau bisa dengan cara diplomatis ya diplomatis, tapi kalau berkeras pakai senjata, ya pakai senjata, tidak ada cara lain,” ujar Jusuf Kala sebagai responnya atas petisi refrendum kantor wakil presiden, di Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Akhir Jlalu, Benny Wenda, ketua The United Liberation Movement for West Papua (ULMWP) menyerahkan petisi yang ditanda tangani 1,8 juta orang kepada Komisioner Tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) PBB, Michelle Bachelet.

Petisi itu berisikan tuntutan kemerdekaan dan permohonan kepada PBB untuk mengirimkan misi pencari fakta terkait dugaan pelanggaran HAM oleh Indonesia di Papua Barat.

“Petisi itu adalah suara rakyat Papua menolak pepera 1969 yang tidak demokratis. Dan penggunaan fosfor putih itu sudah menjadi perhatian masyarakat internasional,” ujar Wenda. (*)

Reporter: Benny Mawel

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top