HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dari pembinanan menuju kepada industri olahraga

Kepala Bidang Olahraga Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Jayapura, Greq Virgilius Yoku – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayapura terus melakukan langkah pembinaan bagi anak usia dini di bidang olahraga, secara khusus sepak bola melalui sejumlah Sekolah Sepak Bola (SSB) yang tersebar di daerah ini. Sepak bola pada usia dini diharapkan terus meningkat dari sepak bola Indonesia menuju kepada industri sepak bola.

Mengingat perkembangan dunia sepak bola saat ini tidak hanya sebatas pembinaan saja, maka perlu ada terobosan-terobosan penting yang mengarah kepada peningkatan kapasitas, pendapatan ekonomi, serta prestasi dari para atletnya.

Kepala Bidang (Kabid) Olahraga pada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Jayapura, Greq Virgilius Yoku, mengatakan pihaknya telah membangun komunikasi serta koordinasi dengan beberapa akademi sepak bola di luar negeri, seperti Belanda dan Spanyol.

Dikatakan, dari komunikasi yang intens ini antara pihaknya dan pemilik akademi sepak bola di luar negeri, harus ada grand design yang kemudian digunakan untuk menitipkan satu per satu anak-anak usia dini di daerah ini untuk menimba ilmu di akademi sepak bola tersebut.

Loading...
;

“Dari sepak bola Indonesia kita mengarah kepada industri sepak boal, ada komunikasi yang intens antara kami dengan pihak pemilik akademi sepak bola di sana, baik Ajax Amsterdam maupun di Spanyol. Dengan demikian, dari prestasi ini ada nilai ekonomi yang didapat oleh atlet setelah menimba ilmu di luar negeri,” ujar Greq Yoku, sapaan akrabnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (16/7/2019).

Menurutnya, pembinaan anak usia dini tidak hanya sebatas membuka ruang bagi mereka tetapi juga ada dampak ekonomi dari pembinaan tersebut.

Sudah banyak yang berhasil dari pembinaan yang dilakukan di daerah sebagai pemain profesional di berbagai klub profesional Liga I Indonesia.

“SSB Imanuel, Petra, Orion, Mc Arthur, dan sejumlah SSB yang lain sudah banyak memberikan kontribusi pemain bagi tim kebanggan kita, Persipura, bahkan pada klub profesional lainnya yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Greq Yoku berharap ada dukungan serta partisipasi semua pencinta, pemerhati, pembina sepak bola di daerah ini untuk terus memberikan dukungan terhadap apa yang sedang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura terkait pembinaan olahraga, secara khusus sepak bola.

Sebelumnya, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, mengatakan pembinaan olahraga dimulai dari kampung menuju ke kota.

“Kampung menjadi basis pembinaan semua unsur, termasuk olahraga. Karena di kampung banyak potensi yang dapat dimanfaatkan, di kampung banyak atlet yang sebenarnya punya talenta yang lebih tetapi belum ada perhatian. Sehingga apapun itu bentuknya pembinaan, ke kampung dan melihat dari segala sisi, akan ada jawaban yang pasti di sana, pemerintah siap men-support dalam proses pembinaan yang lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top