Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Deiyai bakal dijadikan pusat wisata wilayah pengunungan

Danau Tigi, Kabupaten Deiyai – IST

Jayapura, Jubi – Kabupaten Deiyai, Papua yang memiliki luas wilayah sekitar 537,4 km2 dan berdiri di atas 1700 meter permukaan laut, ke depan akan dijadikan pusat wisata di wilayah pegunungan.

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal, mengatakan kabupaten yang diresmikan pada 2008 dengan diberlakukannya Undang-Undang No.55 tahun 2018 itu, punya potensi wisata yang tak kalah dengan daerah lain di Papua.

“Deiyai punya Danau Tigi yang diapit oleh dua gunung yakni Gunung Deiyai dan Wayai, sangat potensial dijadikan pusat wisata,” kata Tinal, di Jayapura, Rabu (27/2/2019).

Menurut ia, pembangunan jalur darat dari Kabupaten Mimika ke Deiyai sedikit lagi akan rampung. Dengan konektivitas ini, dia mengklaim daerah tersebut akan menjadi pusat wisata terbaik.

Selain infrastruktur jalan, pihaknya juga bakal memberdayakan masyarakat setempat agar mampu mengembangkan potensi wisatanya. Sekaligus menarik wisatawan lokal melalui produk kerajinan tangan.

Loading...
;

“Kami akan latih masyarakat setempat agar bisa menyiapkan souvenir seperti di Bali, sehingga wisatawan yang datang bisa membeli hasil karya mereka,” ucapnya.

Tak hanya kerajinan tangan, Wagub Klemen Tinal juga mendorong agar masyarakat setempat menanam sayur mayur yang memiliki nilai jual di pasar. Hal ini juga dalam rangka meningkatkan perekonomian.

“Jadi jika jalan darat dari Mimika ke Deiyai sudah tembus, nantinya hasil pertanian atau perkebunan warga bisa dipasarkan di Timika, seperti ubi, keladi, pisang atau lainnya. Dengan begitu, Deiyai bisa menjadi contoh kemajuan ekonomi di wilayah Pegunungan Tengah Papua,” katanya.

Secara terpisah, Bupati Deiyai Ateng Edowai berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi agar pembangunan jalan Mimika – Deiyai bisa segera terselesaikan. Sebab, dengan adanya jalur ini harga akan lebih murah.

“Kami sangat berharap bantuan dari Pemerintah Provinsi terkait pembangunan infrastruktur ini, agar apa yang selama ini menjadi kendala bisa teratasi dengan baik,” kata Edowai. (*)

Editor: Syam Terrajana

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top