HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Deklarasi ASP mendapat apresiasi

Anggota DPR Papua dari 14 kursi pengangkatan perwakilan wilayah adat Saireri, Yonas Nusy – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua Yonas Nusy mengapresiasi Deklarasi Asosiasi Seniman Papua yang dilakukan di Kampung Nelayan Hamadi, Kota Jayapura, Papua, pada Jumat (15/3/2019). Nusy menilai deklarasi Asosiasi Seniman Papua (ASP) sebagai upaya para seniman asli Papua melindungi kesenian Papua agar tetap hidup di tengah masyarakat Papua.

Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua dari 14 kursi pengangkatan perwakilan wilayah adat Saireri itu, Deklarasi Asosiasi Seniman Papua (ASP) menunjukkan para seniman Papua tetap ada. Eksistensi seniman Papua semakin berat karena globalisasi semakin memapar masyarakat Papua dengan beragam budaya dan kesenian asing.

Para seniman Papua menurut Nusy harus menunjukkan bahwa berkesenian merupakan bagian dari jatidiri orang asli Papua. “Terbentuknya asosiasi ini juga diharapkan dapat menjadi wadah pemersatu para seniman di Papua dari berbagai latar belakang,” ujarnya.

Salah satu seniman Papua, Erick Wally mengatakan para seniman di Papua seperti tidak mendapatkan tempat di tanahnya sendiri. Wally mencontohkan, banyak pertunjukan yang digelar di Papua justru mendatangkan seniman dari luar Papua. Padahal, banyak seniman asal Papua yang karya dan kemampuannya tidak kalah dibandingkan seniman luar.

Loading...
;

“Keinginan untuk mengakhiri situasi  itu menjadi salah satu tujuan terbentuknya Asosiasi Seniman Papua. Kami akan merangkul semua seniman, karena lewat seni kita dapat menunjukan jati diri kita. Lewat karya seni, kita juga bisa menyuarakan berbagai masalah sosial di Papua,” kata Erick Wally. (*)

Editor: Aryo Wisangeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top