Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Deklarasi lima bidang program sekolah

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga, menandatangani deklarasi – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

SMP Negeri 1 Jayapura menandatangani lima deklarasi bertepatan dengan perayaan ulang tahun ke-56, Sabtu, 28 September 2019.

Kelima poin deklarasi adalah sekolah adiwiyata, pendidikan keluarga, kurikulum kemaritiman, sekolah ramah anak, dan sekolah rujukan.

Kepala SMP Negeri 1 Jayapura, Purnama Sinaga, mengatakan deklarasi tersebut sebagai bentuk komitmen sekolah menjamin peningkatan pendidikan anak secara optimal sesuai Standar Nasional Pendidikan (SNP).

“Deklarasi ini merupakan gagasan saya bersama keluarga besar sekolah dan didukung oleh alumni,” ujar Purnama.

Loading...
;

Penandatanganan yang berlangsung di Lapangan Apel SMP Negeri 2 Jayapura tersebut dilakukan kepala sekolah, kepala bidang SMP, wakil ketua II dewan alumni, dan salah seorang perwakilan alumni.

Purnama menjelaskan kelima deklarasi adalah kurikulum kemaritiman terintegrasi dalam mata pelajaran, ekstra kurikuler pramuka berkolaborasi dengan program Saka Bahari, budaya sekolah yang mengkondisikan kelas dengan bahasa kemaritiman, sosialisasi nuansa kemaritiman, sosialisasi dan pengimbasan, serta membangun kerja sama dengan stakeholder terkait.

“Pada 2018 SMP Negeri 1 Jayapura salah satu sekolah piloting di Kota Jayapura yang mengimplementasikan kurikulum kemaritiman oleh Pusat Kurikulum, Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia,” katanya.

Menurut Purnama, yang menjadi alasan mengapa kurikulum ini dikembangkan di satuan pendidikan, yaitu bidang kemaritiman menjadi salah satu arus utama pembangunan Indonesia saat ini.

Lalu, NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia) merupakan kepulauan terbesar di dunia dengan wilayah laut yang diakui dan dijamin kedaulatan dan hak berdaulat maritimnya dan potensi kemaritiman belum dimanfaatkan secara optimal.

“Ironisnya, wilayah laut dan pesisir Indonesia mengalami kerusakan,” ujarnya.

Selain mengimplementasikan kurikulum kemaritiman, dikatakan Purnama, SMP Negeri 1 Jayapura juga melakukan penandatanganan deklarasi sekolah Adiwiyata Mandiri dengan menciptakan sekolah rindang dan hijau.

“Program ini sebagai bentuk dukungan sekolah untuk mendukung program pembelajaran warga sekolah, berwawasan lingkungan, dan mendukung program Wali Kota Jayapura (Benhur Tomi Mano) menuju Kota Jayapura berpredikat Adipura Kencana,” ujarnya.

Deklarasi berikutnya, yaitu pendidikan keluarga. Dikatakan Purnama, deklarasi tersebut untuk meningkatkan gerakan literasi karakter dan gaya-gaya prestasi.

Kemudian memperkuat peran keluarga dalam mendukung kebijakan anak, menyebarkan praktik-praktik pendidikan dan pengasuhan yang baik dan menjadi kemitraan keluarga sekolah serta masyarakat untuk membangun ekosistem.

Selanjutnya, deklarasi sekolah ramah anak, yaitu berbudaya lingkungan bersih, aman, ramah, indah, sehat, asri, nyaman, menjamin, memenuhi, menghargai hak anak, melindungi anak dari kekerasan, dan pendukung partisipasi anak.

“Melalui deklarasi ini keluarga besar SMP Negeri 1 Jayapura menyatakan dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab untuk melaksanakan siklus dan meningkatakan mutu pendidikan sekolah secara menyeluruh, sertameningkatkan pelayanan pendidikan secara profesional,” katanya.

Menurut Purnama, implementasi dari semua program tersebut mendorong sekolah harus bermitra dengan orangtua dan masyarakat atau Tri Sentra Pendidikan.

“Pada hari pertama sekolah kami telah membangun kerja sama dengan orangtua peserta didik melalui program pendidikan keluarga telah membentuk paguyuban kelas guna menjamin peningkatan pendidikan anak secara optimal,” katanya.

Purnama mengharapkan SMP Negeri 1 Jayapura selalu mendapatkan perhatian dan dukungan dari orangtua, alumni, masyarakat, pemerintah pusat maupun kota. Kemudian dinas terkait dan lembaga lainnya guna mewujudkan pencapaian Standar Nasional Pendidikan.

“Pesan saya kepada siswa di SMP Negeri 1 Jayapura agar menjalankan studinya dengan baik, agar kelak jadi anak berguna untuk bangsa dan negara, guru-guru di sekolah agar jeli melihat perkembangan siswa, dan menjadi guru yang profesional,” katanya.

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Jayapura, Abdul Majid, mengatakan keluarga besar SMP Negeri 1 Jayapura terus menjaga kualitas pendidikan di sekolah.

“Saya melihat dukungan dewan alumni sangat luar biasa, selalu meningkatkan semangat berkarya mencapai prestasi membanggakan sehingga sekolah ini menjadi tempat yang bisa mencetak generasi penerus bangsa yang andal,” ujarnya.

Menurut Abdul, guru memiliki posisi yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan potensi yang dimiliki peserta didik dengan membentuk kepribadian sejahtera lahir dan batin yang ditempuh melalui pendidikan agama dan pendidikan umum.

“Karena itu guru harus mampu mendidik di berbagai hal agar ia menjadi seorang pendidikan yang proposional, sehingga mempu mendidik peserta didiknya dalam kreativitas dan kehidupan sehari-harinya,” ujarnya.

Abdul Majid juga mengharapkan dukungan dari sekolah, orangtua, masyarakat, dan para alumni agar terus meningkatkan sarana dan prasarana sekolah demi menjamin kualitas pendidikan serta kenyaman dan keamanan peserta didik.

“Meningkatkan pengetahuan agar terus berprestasi, bangun kerja sama dengan mendorong peserta didik demi mencapai tujuan pendidikan, yaitu mendidik, meningkatkan, dan mengembangkan sumber daya anak-anak di Kota Jayapura,” katanya. (*)

Editor: Syofiardi

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top