HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dekranasda Jayawijaya segera dilantik

Pertemuan dewan kerajinan nasional daerah (Dekranasda) Jayawijaya-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) akan segera dilantik dalam waktu dekat oleh Bupati Jayawijaya. Segala persiapan dilakukan, termasuk dalam pembentukan kepengurusan.

Ketua Tim Pengerak PKK yang juga ketua dewan kerajinan daerah Jayawijaya, Yustina Banua mengatakan, berbicara teknis program kerja dekranasda ini akan dilakukan usai resmi dilantik.

“Hari ini kami rapat persiapan pengukuhan dekranasda ini dan tahapan pelantikan nantinya,” kata Yustina Banua kepada wartawan usai pertemuan dekranasda Jayawijaya di kantor bupati, Senin (15/7/2019).

Kata dia, Dekranasda ini dibentuk guna menggali bakat dan keahlian masyarakat yang punya kehalian di bidang kerajinan atau keahlian yang menyangkut kegiatan-kegiatan lainnya di setiap kampung, yang dinilai cukup banyak dan beragam di seluruh wilayah Jayawijaya.

“Terbentuknya Dekranasda ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi perajin-perajin yang ada, Dekranasda ini sempat vakum kurang lebih 20 tahunan, maka tahun ini akan dihidupkan kembali,” katanya.

Loading...
;

Dengan melibatkan organisasi perangkat daerah yang ada dalam kepengurusan nantinya, Dekranasda ini juga nantinya akan melibatkan atau merekrut tenaga-tenaga ahli di bidang kerajinan dan seni untuk bekerjasama masuk dalam keanggotaan Dekranasda.

Sekretaris Dinas Tenaga Kerja, Perdagangan dan Perindustrian Jayawijaya, I. Slamet R. Wenehen menambahkan, akan ada lima kelompok seni dan kerajinan yang masuk dalam binaan pihaknya selama ini, untuk nantinya masuk dalam keanggotaan Dekranasda.

“Ini baru di dinas tenaga kerja, perdagangan dan perindustrian belum lagi di OPD lain yang masuk dalam binaan selama ini, mereka ini otomatis masuk dalam anggota dewan kerajinan dalam bentuk sentra-sentra Dekranasda, sehingga pada saat kita melakukan pembinaan ada tempat atau wadah sehingga gampang untuk dikontrol,” katanya.

Ia menyebutkan, tahun ini kelima kelompok kerajinan itu terlebih dahulu akan dilakukan promosi hasil karya mereka. Setelah kepengurusan dilantik dan program kerja dibuat, barulah dapat menggambarkan kegiatan di tahun berikut terhadap setiap kelompok-kelompok binaan tersebut.

“Jadi untuk tahun ini setiap OPD membina binaan mereka masing-masing, di tahun berikut setelah Dekranasda ini terbentuk baru dibawa menjadi binaan dewan kerajinan nasional daerah ini,” ujar dia. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top