Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dekranasda Kota Jayapura gelar pelatihan kerajinan tempurung kelapa

Ketua Dekranasda Kota Jayapura saat memberikan sambutan. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kota Jayapura (Dekranasda) Kota Jayapura, menyelenggarakan pelatihan aneka kerajinan tempurung kelapa di Balai Diklat Sosial Provinsi Papua, Senin (4/11/19).

Pelatihan dimaksud merupakan program pengembangan industri kecil menengah (IKM), pada Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura.

“Supaya dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dan terciptanya wirausaha baru,” ujar Kepala Bidang IKM Kota Jayapura, Djopari.

Tak hanya pelatihan, empat kelompok (satu kelompok teridiri dari lima orang) yang didampingi instruktur dari Yogyakarta, merupakan pelaku usaha IKM asli Papua, yang juga diberikan bantuan peralatan kerajinan tempurung kelapa.

Loading...
;

“Semoga termotivasi, semakin tekun dalam mengelola usaha sehingga dapat berkembang dengan baik, berhasil, mandiri, dan mampu menghasilkan produk yang berkualitas, sehingga mampu bersaing mengisi pangsa pasar yang tersedia guna meningkatkan pendapatan, dalam memenuhi kebutuhan dalam keluarga,” jelasnya.

Ketua Dekranasda Kota Jayapura, Kristina Mano, mengatakan pelatihan dibuat agar peserta lebih terampil, serta bisa meningkatkan usaha para pengrajin tempurung kelapa.

“Sebenarnya tempurung kelapa punya nilai ekonomi. Kalau diolah bisa menghasilkan uang. Saya rasa bahannya tidak susah karena sangat banyak. Pelatihan ini untuk menyiapkan suvenir saat pelaksaan PON di Papua. Saya berharap peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan dengan baik,” jelasnya.

Salah satu peserta pelatihan aneka kerajinan tempurung kelapa, Yane Nari, mengatakan pelatihan tersebut menambah pengetahuannya dalam mengolah tempurung kelapa.

“Harapan saya ke depan harus ditingkatkan lagi, supaya semakin banyak orang asli Papua yang memanfaatkan tempurung kelapa sebagai sumber pemasukan uang. Semoga bermanfaat untuk saya ke depannya,” jelasnya. (*)

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top