Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Demi efektifitas Dana Kampung, Kota Jayapura sosialisasikan program P2KTD

Pemerintah Kota Jayapura menyelenggarakan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa atau P2KTD di Jayapura, Papua, Jumat (1/11/2019).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura menyelenggarakan Sosialisasi Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa atau P2KTD di Jayapura, Papua, Jumat (1/11/2019). P2KTD diluncurkan sebagai pendampingan pemerintah desa/kampung dalam merencanakan penggunaan Dana Kampung dalam pembangunan kampung.

Ketua Panitia Penyelenggara Sosialisasi P2KTD, Fatimah mengatakan sosialisasi itu digelar untuk menjaring lembaga yang memiliki kapasitas untuk mendampingi pemerintah kampung untuk membuat perencanaan pembangunan desa/kampung. “Lembaga tersebut adalah lembaga swadaya masyarakat, lembaga penelitian, universitas, maupun pihak swasta,” kata Fatimah, Jumat.

Fatimah menyatakan P2KTD yang merupakan bagian dari Program Inovasi Desa itu diharapkan dapat meningkatkan kualitas perencanaan pembangunan yang dibuat oleh pemerintah desa/kampung. “Agar bisa membawa dampak yang baik bagi perkampungan, sesuai dengan sumber daya alam yang ada. Selain itu untuk mendukung pemerintah kampung agar mampu menggunakan dana kampung dengan lebih berkualitas,” katanya.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asisten III Bidang Pemerintahan Kota Jayapura, Amos Solossa, Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano menyatakan Undang-undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa telah memberikan kewenangan kepada pemerintah desa/kampung untuk mengurus tata kelola kampungnya. Dalam pelaksanaannya, pembangunan kampung harus meningkatkan kualitas hidup masyarakat kampung.

Loading...
;

“Maka pemerintah desa diharapkan lebih mendiri dalam mengelola pemerintahannya. Dengan memanfaatkan berbagai sumber daya manusia dan sumberdaya alam yang dimilikinya,” kata Solossa saat membacakan sambutan itu.

Solossa mengatakan, program P2KTD akan sangat membantu mengembangkan rencana dan pelaksanaan program sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Kampung. “Dengan demikian, masyarakat dapat meningkatkan produktivitas dan kemandirian ekonomi [mereka], menyiapkan sumber daya di kampung, dan memiliki daya saing. Tidak hanya di tingkat lokal, tapi [juga di] tingkat provinsi bahkan nasional,” katanya.

Menurut Solossa, Program Inovasi Desa hadir untuk mendorong kualitas pemanfaatan Dana Desa.  “Sosialisasi P2KTD menginfomasikan adanya kebutuhan jasa pelayanan teknis kepada lembaga swadaya masyarakat, lembaga penelitian, universitas, maupun swasta,” kata Solossa.

Ia mengatakan kegiatan itu momentum bagi para pelaku dan pemangku kepentingan untuk mengetahui filosofis tehnis serta memandu dan memfasilitas kegiatan P2KTD. “Sehingga pembangunan kampung berkualitas dan menjadikan desa lebih produktif. Desa harus mendukung pemerintah Kota Jayapura berupaya menjadikan kampungnya lebih baik,” kata Solossa.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top