HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Demi menggenjot publikasi, staf MRP ikuti pelatihan jurnalistik

Jurnalis Jubi Victor Mambor mengajar teknik menulis berita kepada staf Majelis Rakyat Papua dalam pelatihan di Jayapura, Senin (8/7/2019). – Dok. Staf MRP

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejumlah lima staf Sekretariat Majelis Rakyat Papua atau MRP mulai mengikuti pelatihan jurnalistik yang diampu PT Jubi Papua di Kantor MRP, Jayapura, Papua, Senin (8/7/2019). Pelatihan jurnalistik yang akan mengasah para staf untuk menulis dan menarasikan berbagai agenda kerja MRP itu dijadwalkan berlangsung selama tiga bulan.

Sekretaris MRP, Wasuok D Siep, menyatakan kelima staf MRP yang mengikuti pelatihan itu adalah para staf yang sudah menunjukkan kemampuan untuk menulis, memotret, dan membuat video. “Kita utus mereka yang sudah punya bakat menarasikan, buat foto dan Video tetapi potensi perlu dipoles dengan pendampingan ini,”ungkapnya.

Menurut Siep, pelatihan yang bekerjasama dengan redaksi Koran Jubi dan portal berita jubi.co.id itu digelar karena MRP ingin para stafnya memiliki kemampuan untuk mempublikasikan kerja-kerja para anggota MRP kepada publik. Siep menyatakan MRP telah melakukan banyak kerja, namun selama ini kerja-kerja MRP itu tidak terpublikasikan dengan baik.

“Karena kurang publikasi, masyarakat menilai MRP ini mati, tidak buat apa-apa, [jadi] dibubarkan saja.  Padahal kunjungan kerja para anggota MRP menemukan banyak masalah di kampung, akan tetapi kerja-kerja itu kurang terpublikasi. Kami ingin [para staf mampu mengolah bahan] publikasi, terutama [kerja MRP yang terkait dengan] advokasi perlindungan manusia dan tanah Papua,”ungkapnya.

Loading...
;

Siep berharap kelima staf MRP akan mengikuti pelatihan jurnalistik itu dengan serius. Siep berharap, pasca pelatihan itu para staf seharusnya mampu mengelola laman internet MRP. “Harapan saya, mereka ini bisa betul-betul menjadi penyambung lidah MRP kepada publik,”ungkapnya.

Jurnalis senior Jubi, Victor Mambor selaku pemateri mengatakan pelatihan itu dirancang untuk meningkatkan kemampuan staf MRP memperbanyak publikasi tentang kerja-kerja lembaga publik seperti MRP. “Bagi staf MRP, sangat penting untuk menyebarluaskan kegiatan MRP, baik kerja secara kelembagaan, maupun kerja individu anggota MRP,”ungkapnya.

Salah satu peserta pelatihan itu, Darat mengatakan pelatihan ini sangat berguna baginya. Ia menyatakan materi pelatihan akan membantu para staf MRP mengolah berbagai informasi terkait kegiatan MRP maupun anggota MRP menjadi berita atau narasi yang siap dipublikasikan.

Guntur, peserta lainnya, menyatakan materi pelatihan itu mudah dipahami. “Prosesnya menarik, karena [materi diajarkan] praktek bersama,”ungkap dia.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top