Demi PON 2020, pelayanan hotel dan restoran akan distandarisasi

Demi PON 2020, pelayanan hotel dan restoran akan distandarisasi

Salah satu hotel di Kota Jayapura – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Jelang penyelenggaran Pekan Olahraga Nasional 2020 di Papua, Dinas Pariwisata Kota Jayapura akan melakukan standarisasi pelayanan hotel dan restoran di Jayapura. Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Mathias B. Mano standarisasi hotel dan restoran dilakukan melalui lembaga sertifikasi usaha pariwisata.

Mano menyatakan rencana untuk menstandarisasi pelayanan hotel dan restoran di Jayapura itu telah disampaikan kepada para pengelolanya. “Saya sudah melakukan pertemuan dengan persatuan hotel dan restoran agar dilakukan standarisasi hotel dan restoran,” kata Mano di Jayapura, Rabu (13/3/2019).

Mano menjelaskan, standarisasi itu akan meliputi aspek pelayanan, keamanan, jumlah kamar, peralatan yang dimiliki hotel, sehingga sistem pengelolaan hotel.  Mano mencontohkan, ada hotel yang tidak memiliki kolam renang, namun justru memiliki pelayanan lebih baik daripada hotel yang memiliki kolam renang. Standarisasi juga dilakukan atas jenis fasilitas yang disediakan hotel, kualitas penataan interior, pelayanan resepsionis 24 jam, layanan parkir, hingga layanan pengurus rumah tangga hotel (house keeping).

“Target kami seluruh hotel dan restoran di Jayapura sudah terstandarisasi pada akhir 2019, sehingga siap dipakai pada PON 2020. Kami juga berkoordinasi dengan Panitia Besar PON Papua untuk meminta petunjuk lebih lanjut,” ungkapnya.

Mano juga menyatakan membuka pintu bagi pihak yang ingin membangun hotel baru di Jayapura. “Bagus kalau ada yang ingin membangun hotel lagi, karena atlit dan official yang datang sangat banyak. Saat ini, jumlah hotel ada 68, dan jumlah restoran ada 90,” jelasnya.

Executive Assistant Manager Grand Abe Hotel Jayapura, Carya mengatakan, Dinas Pariwisata, Dinas Pemuda dan Olahraga dan PHRI Papua telah mengumpulkan data fasilitas hotel di Jayapura. “Kami jelas menyambut baik adanya standarisasi yang dilakukan. Apalagi, sebagai tuan rumah PON, agar tidak bermasalah sehingga pengunjung merasa aman dan nyaman,” jelasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

 

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)