Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Demi PON XX Papua, PLN segera rampungkan pembangkit 50 MW

Petugas PLN/Dok. PLNN

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Manager Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN Jayapura, Salmon Kareth menegaskan PLN terus merampungkan pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas Mobile Power Plant atau PLTMG MPP Holtekamp 50 MW, demi mendukung pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional XX Papua pada 2020. Mulai 2020, daya mampu Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN Jayapura akan bertambah hingga 126 MW.

“Saat ini daya mampu kita 76 MW itu ditopang dari PLTD Waena dan PLTMG Holtekamp. Beban puncak saat ini mencapai 74 MW, dan kebutuhan listrik di Kota Jayapura terus meningkat. PLN berupaya membangun pembangkit [baru], dan di tahun 2019 ditargetkan [ada tambahan daya mampu] 50 MW [untuk] membantu pelaksanaan PON 2020,” ujarnya.

Menurut Kareth, penambahan daya mampu pada jaringan listrik Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) PLN Jayapura di Kota Jayapura akan mendukung iklim investasi. Jaringan listrik UP3 PLN Jayapura itu meliputi Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Keerom, dan Sarmi.

“[Jika] investor masuk, maka ekonomi meningkat. Kesejahteraan masyarakat naik, serta lapangan kerja naik,” tambahnya.

Loading...
;

Untuk mempersiapkan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020, PLN tidak hanya mengandalkan tambahan daya dari proyek pembangunan PLTMG MPP Holtekamp. UP3 PLN Jayapura juga akan mengaktifkan pembangkit di Genyem dan maupun PLTD yang ada. PLN juga menyiapkan sejumlah genset berdaya mampu 5 hingga 10 MW, untuk memenuhi kebutuhan listrik Stadion Papua Bangkit.

“Ini tinggal on saja dan nyambung, karena kita sudah MOU dengan panitia Venue, dan kedepannya akan tergantung kepada pemerintah daerah soal genset tersebut,” ujar Kareth.

Sebelumnya, Ketua Umum Panitia Besar (PB) PON Papua, Lukas Enembe meminta semua institusi perbankan yang ada di tanah Papua bersiap mensukseskan pelaksanaan PON XX Papua 2020 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI 2020. “Kita harus berkomitmen untuk sukseskan PON dan Peparnas di Tanah Papua. Saya minta semua perbankan di Papua mengambil bagian untuk menyukseskan PON,” kata Enembe.

Enembe juga berharap Badan Usaha Milik Negera lainnya juga berperan aktif menyukseskan PON XX Papua 2020, termasuk Pertamina, Telkomsel dan PLN. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top