Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dewan adat di daerah harus meregenerasi kepemimpinan

Ketua Dewan Adat Paniai, Yusak Yeimo. – Jubi/Hengky Yeimo

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Enarotali, Jubi – Tokoh masyarakat adat Paniai, Yusak Yeimo mengatakan Dewan Adat Paniai maupun dewan adat lain di Wilayah Adat Meepago harus melakukan regenerasi kepemimpinan. Ia berharap generasi muda mau belajar dan membantu dewan adat di setiap wilayah untuk mengadvokasi berbagai kepentingan masyarakat adat.

Hal itu dinyatakan Yusak Yeimo di Enarotali, Kabupaten Paniai, Papua, Jumat (9/8/2019). “Harus ada regenerasi [dalam organisasi Dewat Adat Paniai, supaya [generasi berikutnya] bisa memahami tugas pokok dan fungsi dewan adat,” kata Yeimo.

Ia mengatakan selama ini eksistensi Dewan Adat Paniai bertumpu kepada sejumlah tokoh adat yang telah lanjut usia. “Saya berharap Dewan Adat Papua bisa menggerakkan atau mengeluarkan surat keputusan [regenerasi organisasi dewan adat di daerah], agar fungsi dari dewan adat di daerah bisa berjalan,” katanya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Adat Deiyai,  Frans Mote. Ia mengeluhkan, regenasi yang tidak berjalan mulus justru memunculkan orang atau kelompok orang yang mengaku-aku sebagai representasi adat, namun justru tidak memiliki keberpihakan terhadap masyarakat adat di Papua.

Loading...
;

“Kami tidak tahu mereka, [kami] tidak tahu [siapa] yang membentuk mereka. Sementara kami yang [kini] menjabat sebagai Dewan Adat Deiyai ditunjuk langsung oleh masyarakat dari lima distrik [di Kabupaten Deiyai],” katanya.

Mote mengatakan seluruh pimpinan dewan adat daerah di Wilayah Adat Meepago benar-benar dipilih oleh masyarakat, dan akan selalu berpihak kepada kepentingan masyarakat adat. “Kami [akan] selalu hadir untuk membantu masyarakat adat,” katanya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top