Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dewan Adat Tabi siap sukseskan PON di Papua

Pernyataan sikap DAS se Tanah Tabi untuk sukseskan PON XX tahun 2020 di Papua – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sukses penyelenggaraan PON XX tahun 2020 di Papua tentunya tidak terlepas dari dukungan seluruh komponen masyarakat Papua, secara khusus bagi masyarakat adat sebagai pemilik hak ulayat di daerah ini.

Dewan Adat se Tanah Tabi yang meliputi DAS Bhuyakha Sentani, DAS Keerom, DAS Sarmi, DAS Mamberamoraya, dan DAS Portnumbay menyampaikan dukungan tersebut di hadapan sejumlah kepala daerah di daratan dan Tanah Tabi untuk bersama-sama dengan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat turut mendukung terlaksananya iven nasional empat tahunan tersebut.

“Semua proses pembangunan dalam rangka penyiapan infrastruktur pendukung PON XX di daerah ini tidak boleh dihambat oleh siapapun. Jika ada persoalan, hal ini dapat diselesaikan dengan cara yang bermartabat dan langsung kepada pemerintah maupun dewan adat setempat,” ujar Ondofolo Kampung Sereh, Yanto Eluay, yang juga mewakili Dewan Adat Suku Bhuyakha, di Sentani, Selasa (6/8/2019).

Hal senada juga disampaikan Syors Awi, seorang tokoh masyarakat adat Port Numbai Kota Jayapura. Dia menyatakan semua kegiatan dan dukungan terkait pelaksanaan PON di daerah ini harus dipublikasikan secara meluas.

Loading...
;

“Semua kegiatan yang mengarah kepada PON 2020 harus dilaksanakan dengan keterbukaan dan melibatkan semua masyarakat lokal di tanah ini. Di era keterbuaan ini, tidak ada lagi yang menggunakan cara-cara yang tidak bermartabat serta dapat merugian banyak orang. Apalagi di Jayapura ini sebagai pintu masuk, kami sangat mendukung apa yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah untuk pelaksanaan PON XX tahun 2020,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, sangat mengapresiasi dukungan masyarakat terhadap penyelenggaraan PON di daerah ini.

“Sekalipun fasilitas pendukung serta bahan-bahan yang akan dikerjakan sudah ada, tetapi belum ada restu dari pemangku adat di sini, hal ini mustahil untuk dilakukan. Oleh sebab itu, dukungan masyarakat adat sangat penting dalam semua proses pembangunan yang akan dilakukan menghadapi PON tahun depan,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top