HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Di Yahukimo,pemilih di 49 Distrik pakai sistem Noken, hanya dua distrik coblos langsung

Ilustrasi proses pemilihan sistem Noken –Jubi/ist

Yahukimo, Jubi- Pemilih yang tersebar di 49 distrik di Kabupaten Yahukimo, akan mengikuti perhelatan demokrasi Pemilu presiden, legislatif dan DPD RI dengan menggunakan sistem Noken. Hanya ada 2 distrik yang menggunakan sistem coblos langsung, yakni Kurima dan Dekai Kota.

Hal tersebut dibenarkan oleh ketua KPU Yahukimo Didimus Busup. Menurutnya, pemilih di kedua distrik yang disebutkan di atas , bisa melakukan sistem coblos karena bisa di jangkau dengan kendaraan roda dua dan empat . “Distrik Kurima, logistiknya bisa dikirim dari Wamena dan akan dibawa melalui kendaraan. Jaraknya 30 menit dari Kota Wamena.

Adapun pengiriman logistik Pemilu ke Dekai, dilakukan lewat Jayapura. Hanya saja, pengirimannya mengalami keterlambatan karena koordinasi antara pihak ketiga dengan KPU yahukimo tidak berjalan dengan baik. Logistik baru terkirim tuntas pada 19 Maret 2019.

Thinus Asso warga Yahukimo kepada Jubi mengatakan, pemilihan dengan sistem Noken, membuat masyarakat kecil tidak leluasa menentukan pilihan saat menggunakan suaranya.

Pasalnya dalam sistem Noken, yang menentukan adalah kepala suku. warga biasa hanya ikuti keputusan kepala suku. Dan itu menjadi sumber konflik di Yahukimo karena banyak yang maju jadi calon legislatif, namun belum memahami dengan baik cara politik.

Loading...
;

Dia menyarankan agar pihak KPU Yahukimo bisa tunda pemilihan tahun 2019 ini karena KPU belum siap untuk sukseskan agenda nasional ini.”Jika memaksakan akan memakan korban masyarakat Yahukimo itu sendiri,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top