HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Dianggarkan dalam APBD, renovasi Stadion Barnabas Youwe belum terealisasi

Pimpinan dan anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua saat inspeksi mendadak ke Stadion Barnabas Youwe di Sentani, Kabupaten Jayapura. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat Papua atau DPRP  menyatakan DPRP telah menyetujui anggaran renovasi Stadion Barnabas Youwe di Sentani, Kabupaten Jayapura dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah atau APBD Provinsi Papua 2019. Akan tetapi, hinggi kini proses perbaikan stadion itu belum dilakukan.

Hal tersebut menjadi temuan Komisi V DPRP saat melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah arena pertandingan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020 di klaster Jayapura pada Selasa (2/7/2019). Komisi yang membidangi olahraga itu mengunjungi sejumlah arena pertandingan PON XX Papua, termasuk Stadion Barnabas Youwe.

Sekretaris Komisi V DPRP, Natan Pahabol mengatakan pihaknya mempertanyakan mengapa dinas terkait di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua belum merenovasi stadion itu. Dalam proses penganggaran, DPRP telah menyetujui alokasi anggaran untuk merenovasi tribun penonton dan pagar di sekeliling Stadion Barnabas Youwe.

“Hanya saja saya belum memastikan berapa [nilai] anggarannya. Saya mesti lihat buku APBD [Pemerintah Provinsi Papua 2019] dulu. Namun dari keterangan penjaga stadion, hingga kini Panitia Besar PON, Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, dan KONI Papua belum pernah datang dan melihat stadion ini,” kata Natan Pahabol.

Loading...
;

Natan Pahabol mengatakan, jika arena pertandingan di klaster Jayapura yang mudah dijangkau seperti Stadion Barnabas Youwe tidak dipantau Panitia Besar PON dan pihak terkait lainnya, ia mengkhawatirkan pemantauan terhadap penyiapan arena pertandingan di klaster PON yang jauh dari Jayapura.

“Kami minta Pemerintah Provinsi Papua, Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, maupun Panitia Besar PON segera melakukan renovasi. Stadion Barnabas Youwe ini sudah layak pakai 85 persen, tinggal dibenahi. Jangan tunggu tambahan anggaran dalam sidang APBD Perubahan 2019 baru [mulai] mengerjakan [proses renovasi],” ujarnya.

Pernyataan yang sama dikatakan anggota Komisi V DPRP, Ignasius W Mimin dan Yohanis Ronsumbre yang turut serta dalam inspeksi mendadak itu. Mimin mengingatkan tahun anggaran 2019 telah memasuki triwulan ketiga, dan seharusnya renovasi Stadion Barnabas Youwe sudah dimulai.

“Perlengkapan yang dibutuhkan mestinya sudah ada di lokasi. Tapi ini belum sama sekali. Dinas Olahraga dan Pemuda Papua dan pihak terkait jangan tidur. Kalau yang di klaster Jayapura [saja] seperti ini, bagaimana dengan [kondisi] klaster [PON yang] lain. Kami minta stadion ini segera direnovasi,” ujar Mimin. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top